Home / Medan / Walikota Perintahkan Segera Tangani Dampak Angin Kencang

Walikota Perintahkan Segera Tangani Dampak Angin Kencang

Pekerja dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan menyingkirkan  batang pohon tumbang di Jalan Jenderal Besar A.H Nasution Medan, Kamis (6/7) malam. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 5/7 (LintasMedan) – Walikota Medan, H.T Dzulmi Eldin menginstruksikan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di jajaran Pemko setempat untuk segera menangani dampak peristiwa angin kencang atau angin puting beliung yang melanda sebagian kawasan di Medan, Kamis (6/7).

“Begitu mendapat laporan, saya langsung menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta BPBD Kota Medan untuk segera mengatasinya,” kata Walikota beberapa saat pascaperistiwa angin puting beliung.

Sebagaimana diinformasikan, sebagian wilayah Kota Medan pada Kamis, sekitar pukul 19.30 WIB dilanda bencana puting beliung yang pusaran anginnya hingga menumbangkan sejumlah pohon, memporakporandakan atap rumah penduduk dan beberapa unit mobil tertimpa pohon.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Tim Kaji Cepat dan Pelayanan Darurat TRC-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, pohon tumbang terjadi di Jalan AH Nasution, Jalan Ngumban Surbakti, Jalan Antariksa, Jalan Jamin Ginting serta Jalan Karya Jasa dan Jalan Cinta Karya Gang Muhajirin.

Namun, peristiwa fenomena alam tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Walikota memerintah OPD terkait beserta jajaran kecamatan dan kelurahan segera melakukan pendataan jumlah rumah dan harta benda warga yang terkena dampak bencana alam tersebut.

Menurut Eldin, peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang yang disertai hujan dan petir ketika itu merupakan kejadian tidak terduga atau force majeure.

Selama ini, lanjutnya, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan setempat secara rutin melakukan pemangkasan dan perawatan pohon besar dan berumur tua agar tidak tumbang.

“Cuaca kemarin malam cukup buruk. Selain hujan deras, juga disertai angin kencang sehingga menumbangkan sejumlah pohon. Kita sangat prihatin dengan musibah ini, makanya saya minta OPD terkait segera menanganinya,” ujar Walikota.

Beberapa saat pascabencana, OPD terkait mengerahkan sejumlah petugas ke titik lokasi untuk memotong batang pohon yang tumbang di sejumlah ruas jalan raya.

Berkat kerja keras yang dilakukan, pohon-pohon yang tumbang menutup sebagian badan jalan segera disingkarkan dan situasi arus lalu lintas di lokasi kejadian kembali normal. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top