Home / Headline / Warga Antusias Saksikan “Colorful Medan Carnaval” 2018

Warga Antusias Saksikan “Colorful Medan Carnaval” 2018

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan Rita Maharani Eldin (kedua kiri) disaksikan Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin (kiri),  menyerahkan cendera mata kepada pimpinan rombongan Jember Fashion Carnaval, di sela rangkaian acara Colorful Medan Carnaval 2018 di Jalan Pulau Pinang Medan, Minggu (1/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/7 (LintasMedan) – Ribuan warga antusias menyaksikan pawai peragaan busana “Jember Fashion Carnaval” yang digelar dalam rangkaian acara bertajuk “Colorful Medan Carnaval” 2018, Minggu (1/7).

Warga dan termasuk para wisatawan memadati sepanjang jalan yang menjadi jalur Jember Fashion Carnaval, mulai dari lokasi start hingga finish di kawasan Jalan Pulang Pinang Medan.

Dalam karnaval tersebut turut pula ditampilkan ragam produk fashion berbasis batik khas Medan karya pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Tim Penggerak PKK Kota Medan.

Penyelenggaraan peragaan busana jalanan merupakan sebuah seni pertunjukan masa kini yang menampilkan keindahan hasil kreativitas, desain, perias busana yang disajikan secara teatrikal sebagai produksi budaya.

Di acara yang baru pertama kali digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-428 Kota Medan tersebut, turut pula ditampilkan tarian multi etnis dan atraksi budaya khas daerah, antara lain tari Si Gale-gale, atraksi lompat batu khas Suku Nias dan tarian Reog dari Jawa Timur.

Walikota Medan H.T Dulmi Eldin pada acara pelepasan peserta karnaval, berharap perhelatan peragaan busana jalanan tersebut adalah salah satu langkah strategis Pemko Medan untuk pengembangan industri pariwisata sekaligus meningkatkan wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke ibu kota Provinsi Sumut itu.

“Penyelenggaraan Colorful Medan Carnaval maupun Jember Fashion Carnaval diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kota Medan, sehingga Medan semakin dikenal,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Kota Medan bekerja sama dengan beberapa institusi lain sangat positif, karena menampilkan ribuan kostum yang unik dengan mengedepankan kearifan lokal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Apalagi, lanjutnya, dalam perhelatan tersebut turut diikuti peserta dari Jember Fashion Carnaval yang telah dikenal sebagai event peragaan busana berskala internasional.

“Tentunya, kegiatan ini dapat membawa manfaat positif bagi kita semua, terutama dalam menanamkan kesadaran masyarakat agar mengetahui akan keanekaragaman budaya di seluruh Indonesia. Sebab, keberagaman budaya kita adalah sebuah kekuatan sekaligus keunggulan dibandingkan dengan negara lain,” ujar Eldin.

Pada kesempatan itu, Walikota Medan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Jember Fashion Carnaval yang telah ikut berpartisipasi dalam rangka menyemarakkan Colorful Medan Carnaval tahun 2018.

Khusus dalam memperingati HUT ke-428 Kota Medan, Walikota mengajak segenap elemen masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholders) memperteguh komitmen untuk bersinergi dengan Pemko Medan dalam upaya melakukan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di kota itu.

Ia memastikan, program-program Pemko Medan yang pro rakyat akan terus bergulir demi kebaikan masyarakat dan kemajuan pembangunan di kota tersebut.

“Program-program pembangunan akan terus dilakukan Pemerintah Kota Medan. Oleh sebab itu, diperlukan dukungan nyata dari seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kota ini karena Medan Rumah Kita bersama,” paparnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Comments are closed.

Scroll To Top