Home / Medan / Genangan Air di Medan Akibat Drainase Buruk

Genangan Air di Medan Akibat Drainase Buruk

Anggota DPRD Kota Medan Sahat Simbolon. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 14/8 (LintasMedan) – Hujan yang mengguyur wilayah Medan berdampak terjadi genangan di sejumlah wilayah. Genangan terjadi disebabkan masih buruknya drainase.

“Sistem drainase di Medan ini masih sangat buruk bahkan tidak sesuai standar sehingga perlu dibenahi agar fungsinya bisa berjalan normal,” kata anggota Komisi D DPRD Medan, Sahat B Simbolon kepada pers, Selasa (14/8) saat ditanya mengenai solusi mengatasi banjir di Kota Medan.

Sementara Pemko Medan, kata dia belum memiliki rumus yang konkrit untuk mengatasi persoalan drainase.

Drainase saat ini, menurutnyaa tidak mampu menampung debit air jika hujan deras turun.

Akibatnya, terjadi banjir maupun genangan air.

Sekretaris F-Gerindra DPRD Medan ini menambahkan, selain besaran drainase yang tidak sama, juga akibat kiriman air dari hulu, pendangkalan drainase juga cukup tinggi.

“Hal itu harus segera diantisipasi Pemko Medan dengan melakukan pengerukan,” ujarnya.

Pemko Medan juga harusnya mempelajari benar-benar bagaimana seharusnya membuat drainase, termasuk penataannya agar air benar-benar bisa diantar hingga ke muara. “Pemko Medan harus mencari cara bagaimana air dapat dialirkan dari hulu menuju hilir. Kemudian saluran yang ada harus dipelihara dengan baik dan bagian yang tumpat harus segera diperbaiki,” katanya.

Dia menambahkan, permasalahan lainnya masih banyak warga Medan yang masih belum mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Kebanyakan warga terutama pemukiman di pinggiran sungai masih gemar membuang sampah di sungai dibanding tong sampah, hal ini membuat saluran menjadi tersumbat yang berujung banjir.(LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey