Home / Medan / Pemko Medan Apresiasi Sosialisasi Peraturan Jasa Konstruksi

Pemko Medan Apresiasi Sosialisasi Peraturan Jasa Konstruksi

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution menyampaikan sambutan pada pembukaan sosialisasi peraturan jasa konstruksi, di Medan, Selasa (25/9). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/9 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberikan apresiasi kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat yang turut serta berinisiatif mensosialisasikan Peraturan Jasa Konstruksi.

“Kita mengapresiasi sosialisasi dalam upaya mewujudkan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution saat membuka kegiatan sosialisasi jasa konstruksi di Medan, Selasa (25/9).

Sosialisasi mengenai Peraturan Jasa Konstruksi tersebut diikuti 110 peserta yang berasal dari pejabat eselon, kuasa pengguna anggaran (KPA), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), kepala unit pelayanan teknis (UPT), kasubbag, konsultan supervisi jalan dan drainase, konsultan perencanaan jalan dan drainase serta kontraktor pelaksana di Dinas PU Kota Medan.

Penyelenggaraan sosialisasi itu mengacu pada undang-undang terbaru yakni UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang di dalamnya juga diatur mengenai pembagian peran pemerintah pusat dan daerah yang lebih jelas dan rinci.

Menurut Akhyar, jasa konstruksi mempunyai peranan strategis dalam pembangunan Kota Medan sehingga perlu pembinaan baik terhadap penyedia jasa, pengguna jasa (PPK), maupun masyarakat guna menumbuhkan pemahaman mengenai tugas, fungsi, hak dan kewajiban dalam mewujudkan tertib usaha, penyelenggaraan konstruksi, dan tertib pemanfaatan hasil pekerjaan konstruksi.

Melalui sosialisasi peraturan jasa konstruksi itu, pihaknya berharap penyedia jasa konstruksi dan pengguna jasa konstruksi dapat memberikan hasil maupun kualitas pekerjaan konstruksi yang berkualitas sesuai dengan aturan terbaru.

“Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya agar ilmu yang diperoleh dari nara sumber nantinya dapat diaplikasikan dan dilaksanakan dalam upaya peningkatan kinerja di instansi masing-masing,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap pekerjaan benar-benar memenuhi standar dan kriteria sesuai ketentuan peraturan berlaku di bidang jasa konstruksi serta memberi manfaat besar bagi kepentingan masyarakat Kota Medan.

Terkait harapan tersebut, kata Wakil Walikota, tentunya diperlukan pula dukungan dan partisipasi aktif dari semua komponen masyarakat sesuai peran dan fungsinya masing-masing, khususnya dari kalangan pelaku usaha di bidang jasa konstruksi.

Sebelumnya, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menjelaskan, penyelenggaraan sosialisasi yang berlangsung satu hari itu bertujuan memperkenalkan peraturan barudi bidang jasa konstruksi dan mewujudkan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi yang menjamin kesetaraan kedudukan antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan berlaku.

“Kualitas hasil pekerjaan jasa konstruksi diatur secara tegas dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017. Kita berharap para nara sumber dapat menjelaskannya secara rinci kepada peserta agar ke depan hasil pekerjaan konstruksi lebih baik dan berkualitas,” tuturnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey