Home / Peristiwa / Walikota Tomohon Terima Rombongan Wartawan dan Humas DPRD Medan

Walikota Tomohon Terima Rombongan Wartawan dan Humas DPRD Medan

Walikota Tomohon Jimmy F Eman (barisan depan/tengah) saat menerima rombongan studi banding wartawan dan jajaran humas Sekretariat DPRD Kota Medan di aula rumah dinas walikota, di Walian Dua Tomohon Selatan, Sulawesi Utara, Jumat (26/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Tomohon, Sulut, 26/10 (LintasMedan) – Walikota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Jimmy F Eman menerima rombongan 40 wartawan beserta pejabat dan staf bagian kehumasan Sekretariat DPRD Kota Medan yang berkunjung ke daerah itu dalam rangka studi banding.

“Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada Bapak Walikota yang telah berkenan menerima kedatangan kami,” kata koordinator kelompok kerja wartawan unit DPRD Kota Medan, Satriadi Tanjung di aula rumah dinas walikota, di Walian Dua Tomohon Selatan, Jumat (26/10).

Dalam acara silaturrahmi yang berlangsung penuh keakraban itu, Satriadi menjelaskan bahwa kegiatan utama studi banding ke Tomohon adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang penyebaran informasi, termasuk sharing tentang apa saja publikasi kegiatan-kegiatan DPRD Kota Tomohon maupun sinergitas dengan para jurnalis.

Menurutnya, dengan kegiatan studi banding tersebut, tentu dapat diketahui hubungan antara para legislator di DPRD Kota Tomohon dengan insan pers serta bagaimana menjaga keharmonisan antara kehumasan DPRD setempat dengan wartawan.

“Berbagai hal positif seputar hubungan kemitraan yang selama ini diterapkan oleh Pemko Tomohon maupun Bidang Kehumasan DPRD setempat, tentunya akan menambah pengetahuan bagi kami,” ucap Satriadi didampingi penasihat koordinatorat wartawan unit DPRD Medan Rifky Warisan.

Sementara itu, Kasubag Humas dan Keprotokolan Sekretariat DPRD Kota Medan Joni A Tanjung, menjelaskan bahwa pelaksanaan studi banding tersebut merupakan kegiatan yang sudah dianggarkan pada Sekretariat DPRD Medan dalam bentuk kegiatan kehumasan.

Melalui studi banding, pihaknya berharap dapat memperoleh tambahan pengetahuan seputar kebijakan Pemerintah Kota maupun Sekretariat DPRD Tomohon dalam mengelola fungsi kehumasan dengan baik dan benar.

Perkembangan pembangunan
Sebelumnya, Walikota Tomohon Jimmy F Eman pada pertemuan itu memaparkan sekilas tentang Tomohon serta perkembangan pembangunan dan potensi sumber penerimaan pendapatan asli daerah itu.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan yang selama ini relatif banyak memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Tomohon,” katanya didampingi Sekda Kota Tomohon Harold V Lolowang dan Kabag Umum Sekretariat DPRD Tomohon Stenly Mokorimban.

Selain dikenal sebagai kota religius, Tomohon juga dikenal dengan salah satu kota yang memiliki beragam jenis bunga hias, dan saat ini terus dikembangkan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bahkan, kata Walikota, untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Tomohon, di daerah itu terdapat pasar ektrim yang khusus menjual ular, tikus, kucing dan berbagai hewan berkaki empat lainnya.

Pengembangan bidang pariwisata di Tomohon yang di dalamnya terdapat agenda tahunan festival bunga internasional, menurut dia, merupakan bagian visi misi pemerintah kota (Pemko) setempat saat ini.

Karena itu, lanjutnya, Pemko Tomohon secara bertahap melakukan peningkatan sarana dan prasarana dalam upaya menjadikan kota berpenduduk sekitar 100.000 jiwa tersebut menjadi salah satu destinasi pariwisata internasional di Indonesia.

Di bidang pelayanan publik, Pemko Tomohon menyediakan Mall Pelayanan Publik yang berfungsi sebagai lokasi terpadu bagi masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen administrasi publik, termasuk berbagai perizinan.

Dalam kesempatan itu, rombongan studi banding juga mendapat penjelasan dari pihak Sekretariat DPRD Tomohon mengenai hubungan kemitraan dan sinergitas dengan jajaran pers yang selama bertugas melakukan peliputan di DPRD setempat.

“Saat ini, hubungan antara bidang kehumasan Sekretariat DPRD Kota Tomohon dengan insan pers berlangsung baik dalam relasi yang saling membutuhkan,” kata Kabag Umum Sekretariat DPRD Tomohon, Stenly Mokorimban.

Untuk mendukung sinergitas dengan wartawan, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp700 juta yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon.

Pertemuan antara Walikota Tomohon beserta jajarannya dengan rombongan wartawan dan staf DPRD Kota Medan diakhiri dengan makan siang bersama. (LMC-02)

About Lintas Medan

Leave a Reply

Kelvin Benjamin Jersey