Home / Sports / 2019 Atlet Bertarung di Popda Sumut

2019 Atlet Bertarung di Popda Sumut

image_pdfimage_print

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) XIII 2018 Senin (23/7), di Stadion HM Nurdin Padang Sidimpuan. (Foto:LintasMedan/ist)

Padang Sidimpuan, 23/7 (LintasMedan) – Pj Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) XIII 2018 di Kota Padang Sidimpuan, Senin, di Stadion HM Nurdin Padang Sidimpuan.

Kepada 2019 atlet dari 31 Kabupaten/kota (minus Tobasa dan Nisel) yang tampil di Popda Sumut ini Eko berharap untuk dapat meraih prestasi terbaik. Sebab, ke depan akan dihadapkan dua event penting Popwil I Sumatera di Aceh 2018 dan Popnas 2019 di Papua.

Ajang yang dimulai 23 hingga 28 Juli 2018 ini mempertandingkan 8 cabang olahraga, merupakan cikal bakal yang nantinya akan tampil di dua event penting tersebut.

“Saya mengharapkan kepada seluruh atlet yang tampil di Popda ini, agar benar-benar menunjukkan kemampuannya, agar Sumut dapat menampilkan atlet pelajar yang berkualitas di dua event Popwil I dan Popnas mendatang,” ujarnya dalam acara pembukaan yang turut dihadiri, Pj Walikota Padang Sidimpuan Sarmadan Hasibuan, Anggota DPR RI, H Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPRD Kota Padang Sidimpuan Hj Tati Ariani Tambunan, Ketua KONI Sumut atau yang mewakili dan undangan laiannya.

Eko menambahkan, ajang Popda Sumut ini sebagai evaluasi dalam pembinaan yang sudah dilakukan sejak usia dini, yang telah dilakukan oleh Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) kabupaten/kota se-Sumatera Utara. ” Kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan dan peningkatan prestasi olahraga pelajar. Karena, mulai dari ajang inilah untuk memantau atlet yang layak untuk dibina, agar ke depan bisa membawa nama baik nama Provinsi Sumatera Utara di event nasional,” katanya.

Pj Gubsu juga menyampaikan, saat ini ada atlet Sumatera Utara diantaranya dua karateka, Srunita Sari dan Jintar Simanjuntak, dua atlet polo air yakni Erlangga Andaru Rinaldi dan Golbert Manik, serta ada beberapa atlet Sumut lagi yang akan memperkuat Indonesia di Asian
Games 2018 mendatang.

Dia mengharapkan agar pada even ini lahir atlet yang berkualitas dan memiliki talenta yang baik.

Sebelumnya, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, sebagai Ketua Pelaksana Popdasu XIII 2018 dalam laporannya menyampaikan, pada Popdasu XIII 2018 di Kota Padang Sidimpuan yang dialkasakan 21-28 Juli 2018 ini dengan mempertandingkan 8 cabang olahrag, diikuti sebanyak 2019 atlet pelajar/offisial dari 31 kabupaten/kota, dan dua daerah kabupaten yang tidak ikut dalam Popnas kali ini yakni, Kabupaten Toba Samosir dan Nias Selatan.

Baharuddin juga menuturkan, digelarnya Popdasu ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan kegiatan ini juga sebagai ajang seleksi atlet pelajar Sumatera Utara, untuk persiapan menghadapi Popwil I Sumatera di Provinsi Aceh, dan Popnas 2019 di Provinsi Papua.

“Popda Sumut ini terlaksana selain ajang seleksi untuk tampild i Popwil I Sumatera dan Popnas di Papua, juga untuk meningkatkan pretasi olahraga pelajar, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Delapan cabang olahraga yang dipertandingkan di Popdasu XIII 2018 ini masing-masing atletik, gulat, pencaksilat, bulutangkis, sepaktakraw, tenis meja, bola voli dan renang.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey