Home / Medan / DPRD Medan: Tempatkan SDM Profesional di RS Pirngadi

DPRD Medan: Tempatkan SDM Profesional di RS Pirngadi

Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi Medan. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan,20/3 (LintasMedan) – Pemerintah Kota Medan diminta segera menempatkan orang-orang profesional dalam mengelola rumah sakit umum (RSU) Pirngadi.

“Harus ada Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa memahami pengelolaan rumah sakit dengan benar. Manajemen jangan lagi menggunakan anggaran lebih banyak untuk bangunan fisik dan melupakan peningkatan SDM,” kata Ketua Komisi B DPRD Medan Bahrumshah.

Menurut dia hampir seluruh rumah sakit di Medan penuh dengan pasien, namun kondisi berbanding terbalik justru terjadi di RSUD Pirngadi dimana jumlah ruangan yang tersedia hanya mampu memenuhi 40 persen,” kata Politisi PAN ini.

Bahrumsyah justru mengkritik Walikota Medan yang dikhabarkan marah terhadap manajemen RS Pirngadi terkait pelayanan yang kurang maksimal di rumah sakit milik pemerintah itu.

“Pak Eldin marah-marah kok baru sekarang, selama ini kemana wali kota kita,” katanya.

Kondisi saat ini papar Bahrumsyah terdapat 700 tenaga honor di RS Pirngadi, namun hanya 200-an tenaga medis. Sedangkan selebihnya tenaga administrasi. Dokter juga banyak yang bertugas paruh waktu.

“Pembangunan lebih banyak diarahkan ke fisik bangunan bukannya perbaikan SDM,” kata Bahrumsyah.

Ia minta agar walikota Medan tidak hanya sekedar marah saja, namun segera melakukan evaluasi dan langkah strategis terhadap perbaikan SDM rumah sakit tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH marah saat meninjau RSUD dr Pirngadi Jalan Prof HM Yamin Medan. Berbagai masalah didapati, mulai dari seprai kotor, pelayanan buruk dan lainnya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey