Home / Kesehatan / Gubernur Sumut Segera Data Dokter untuk Daerah Terpencil

Gubernur Sumut Segera Data Dokter untuk Daerah Terpencil

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Rektor USU, Prof.DR. Runtung Sitepu,SH, MHum dan Direktur Utama RS USU Dr. dr. Syah Mirsya Warli, Sp. U (K) beserta segenap dokter dan jajaran staf RS USU saat berkunjung ke rumah sakit USU, Senin (6/5) (Foto:LintasMedan/ist).

Medan, 6/5 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan akan menempatkan para dokter bertugas ke daerah-daerah terpencil agar seluruh warga mendapat pelayanan kesehatan yang prima.

“Saya butuh dokter untuk di tempatkan di daerah-daerah terpencil agar Sumut bisa maju. Sebab omong kosong daerah ini bisa maju jika masih ada warga yang tidak mendapat pelayanan kesehatan yang prima,” katanya saat berkunjung ke Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), di Jalan dr Mansyur Medan, Senin.

Sebagaimana diketahui, berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 (tentang Pembagian Urusan Pemerintahan), penempatan para dokter termasuk di wilayah terpencil merupakan wewenang gubernur. Gubernur berwenang melakukan distribusi tenaga kesehatan di provinsi yang dipimpinnya agar kecenderungan dokter-dokter yang hanya mau tinggal dan berpraktik di kota besar bisa dikurangi.

Pemerintah Provinsi Sumut, kata Edy akan menyiapkan dana untuk melakukan penyuluhan serta mendata mana daerah yang kurang dokter dan menugaskan sejumlah dokter ke daerah tersebut agar kesehatan warga merata.

“Jangan ada lagi warga Sumut yang pergi berobat ke luar negeri, terlepas apapun alasannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Edy meninjau satu demi satu ruangan di RS USU, termasuk menjenguk pasien Al Azmi dan Ramadhan Syahputra.

Azmi merupakan pasien dari daerah Medan Denai, yang sedang menderita sakit usus buntu dan baru selesai operasi, sedangkan Ramadhan dari Tanjung Balai yang sudah tiga bulan didiagnosa gizi buruk komplikasi tumor ganas di perut.

Pada kesempatan itu, Edy memberikan santunan sekaligus meminta dokter segera melakukan tindakan medis terhadap Ramadhan.

Dalam kunjungan ke RS USU tersebut, Edy Rahmayadi didampingi Rektor USU, Prof.DR. Runtung Sitepu,SH, MHum dan Direktur Utama RS USU Dr. dr. Syah Mirsya Warli, Sp. U (K) beserta segenap dokter dan jajaran staf RS USU.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey