Home / Headline / 30 Jenazah Korban Kebakaran Pabrik Mancis di Langkat Teridentifikasi

30 Jenazah Korban Kebakaran Pabrik Mancis di Langkat Teridentifikasi

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga berusaha memadamkan sisa kobaran api yang menghanguskan seluruh bangunan rumah yang menjadi tempat pembuatan mancis  di Jalan Amir Hamzah, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Jumat (21/6). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 21/6 (LintasMedan) – Sebanyak 30 jenazah korban kebakaran di pabrik mancis Jalan Amir Hamzah, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Jumat, sudah teridentifikasi.

“Data terakhir dari lapangan sebanyak 30 orang tewas, dan ini sudah teridentifikasi semua,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis.

Namun, lanjutnya, faktor penyebab terbakarnya bangunan rumah yang dijadikan lokasi usaha pembuatan mancis tersebut masih belum diketahui secara rinci.

Korban tewas disebut terdiri dari ibu rumah tangga dan anak-anak yang ikut ke lokasi kerja.

Kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 11.30 WIB dan kemudian berhasil dipadamkan dua jam kemudian, sekitar pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 30 korban tersebut dikabarkan tewas terpanggang karena terjebak di dalam bangunan.

“Waktu kebakaran itu kondisi pintu depan rumah terkunci, yang buka hanya pintu belakang, sedangkan sumber kebakaran dari arah belakang,” kata seorang saksi bernama Suryadi.

Ia menambahkan, seluruh korban tewas akibat kebakaran tersebut berjenis kelamin perempuan.

Sementara itu, Kapolsek Binjai AKP Binsar Naibaho, menjelaskan saat terjadi kebakaran kondisi rumah yang dijadikan pabrik mancis itu tertutup, bahkan jendelanya disebut dibeton.

“Keadaan rumah dikunci, jendela depan rumah di tutup, dicor (dibeton). Jadi kita tidak bisa lihat apa kegiatan di dalam,” ujarnya.

Binsar mengatakan korban kebanyakan ditemukan di kamar bagian depan. Setidaknya, kata Binsar, ada 28 korban yang ditemukan di kamar itu.

“Korban kebanyakan di kamar depan. Dua puluh delapan orang berada di kamar depan,” tuturnya.

Rumah yang menjadi lokasi pabrik mancis itu diketahui milik Sri Maya dan selama empat tahun terakhir disewakan kepada Burhan (37), warga Jalan Bintang Terang Dusun XV, Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Berikut nama-nama korban kebakaran pabrik mancis tersebut:

1. Nurhayati
2. Yunita Sari
3. Pinja (anak Yunita Sari)
4. Sasa (anak Yunita Sari)
5. Suci/Aseh
6. Mia
7. Ayu
8. Desi / Ismi
9. Juna (anak Desi)
10. Bisma (anak Desi)
11. Dhijah
12. Maya
13. Rani
14. Alfiah
15. Rina
16. Amini
17. Kiki
18. Priska
19. Yuni (Mak Putri)
20. Sawitri
21. Fitri
22. Sifah (anak Fitri)
23. Wiwik
24. Rita
25. Rizki (Pendatang)
26. Imar
27. Lia (mandor)
28. Yanti
29. Sri Ramadhani
30. Sumiati. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey