Home / Bisnis / Regal Springs Group Luncurkan Program “Kami Peduli 2023”

Regal Springs Group Luncurkan Program “Kami Peduli 2023”

Chief Executive Officer (CEO) Regal Springs Group Achim Eichenlaub (Keempat kiri) berfoto bersama Presiden Komisaris Regal Springs Indonesia Sammy Hamzah (keenam kiri) dan jajaran pimpinan perusahaan penanaman modal asing tersebut pada acara peluncuran program “Kami Peduli 2023” di Indonesia, di Medan, Kamis (13/6). (Foto: LintasMedan/Irma Yuni)

Medan, 13/6 (LintasMedan) – Regal Springs Group, produsen budidaya ikan berdaging putih terbesar, meluncurkan program “Kami Peduli 2023” di Indonesia yang merupakan bagian dari upaya mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di semua lini operasi perusahaan penanaman modal asing (PMA) tersebut.

“Program “Kami Peduli 2023″ merupakan program berkelanjutan terpadu pertama di dunia dalam bidang akuakultur dan perikanan di Indonesia,” kata Chief Executive Officer (CEO) Regal Springs Group, Achim Eichenlaub di Medan, Kamis.

Achim menyatakan hal tersebut pada acara peluncuran program “Kami Peduli 2023” sekaligus peluncuran Ecolabel Aquaculture Stewardship Council (ASC) pada kemasan produk Regal Springs di Indonesia.

Dalam acara yang turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), R Sabrina, ia menjelaskan bahwa Indonesia akan menjadi negara pertama di wilayah operasional bisnis Regal Springs Group dalam menghadirkan ikan berstandar internasional tersertifikasi bagi konsumen lokal.

“Visi kami adalah untuk menggerakkan standar budidaya dan pengolahan makanan yang berkelanjutan dan lebih berkualitas, sehingga kami dapat menjadi produsen ikan Tilapia secara bertanggung jawab yang terbaik di dunia,” paparnya.

Achim menyatakan optimistis Regal Springs Indonesia yang sebelumnya bernama PT Aquafarm Nusantara, secara bertahap mampu mewujudkan komitmennya menjadi perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur dan pengolahan ikan terkemuka di dunia.

“Sebagai bukti komitmen tersebut, kami mengumumkan investasi besar melalui peluncuran “Kami Peduli 2023” di Indonesia. Dengan berinvestasi pada program “Kami Peduli 2023″ di Indonesia, Regal Springs Group mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di semua lini operasi kami,” ujarnya.

Program “Kami Peduli 2023” di Indonesia, lanjut Achim, selaras dengan agenda Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni Sustainable Development Goals (SDGs) atau program pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Sumut Sabrina mengapresiasi program “Kami Peduli 2023” di Indonesia yang diluncurkan oleh Regal Springs Group.

Ia berharap perusahaan PMA yang juga mengembangkan investasi di Sumut itu memegang teguh komitmen untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, termasuk di wilayah perairan Danau Toba.

Dikatakan Sabrinba, ketika PT Aquafarm Nusantara belum berganti nama menjadi Regal Springs Indonesia pernah dikenakan sanksi karena dinilai termasuk salah satu perusahaan yang ikut berkontribusi mencemarkan Danau Toba.

Namun, ia membenarkan bahwa teguran dan sanksi tersebut telah direspon secara baik oleh PT Aquafarm Nusantara dengan melakukan perbaikan.

“Upaya pelestarian Danau Toba harus terus dilakukan, karena danau tersebut secara ekonomi dinilai memiliki potensi besar untuuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sabrina.

Sangat terkesan
Sementara itu,  Presiden Komisaris Regal Springs Indonesia Sammy Hamzah, mengaku sangat terkesan dengan program “Kami Peduli 2023” di Indonesia yang diinisiasi oleh Regal Springs Group.

“Saya sangat terkesan dengan upaya yang telah dilakukan oleh Regal Springs Group untuk melaksanakan program “Kami Peduli 2023″ di Indonesia,” tuturnya.

Dalam upaya merealisasikan program tersebut, lanjut Sammy, pihaknya telah merekrut sejumlah pakar dan manajer yang berkompeten.

Selain itu, kata dia, Regal Springs Indonesia telah pula menandatangani perjanjian kerja sama dengan beberapa lembaga dan organisasi penelitian terkemuka untuk mempersiapkan implementasi filosofi bisnis yang berkaitan dengan program “Kami Peduli 2023” di seluruh lini bisnis perusahaan tersebut.

Dalam konteks penerapan program “Kami Peduli 2023”, Regal Springs Indonesia akan menerapkan sistem daur ulang keramba jaring apung untuk budidaya ikan Tilapia di Danau Toba dan sistem pemberian pakan secara otomatis kepada ikan yang dibudidayakan perusahaan tersebut di Danau Toba.

Disebutkannya, sistem daur ulang dilakukan dengan cara mengumpulkan sisa-sisa pencernaan dan mendaur ulang menjadi pupuk maupun pakan ternak.

Sedangkan sistem pemberian makanan secara otomatis akan diterapkan melalui proses pendistribusian pakan ikan secara lebih efektif dan memaksimalkan penggunaan pakan, sehingga dapat mengurangi pemborosan.
Penerapan kedua sistem itu, kata Sammy, diyakini akan berkontribusi besar untuk mengurangi dampak pencemaran ekosistem di perairan Danau Toba. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey