Home / Medan / Anggota DPRD Sumut Apresiasi Pembangunan Jalan Layang Medan-Berastagi

Anggota DPRD Sumut Apresiasi Pembangunan Jalan Layang Medan-Berastagi

Leonard Samosir. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 31/7 (LintasMedan) – Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumatera Utara (Sumut), Leonard Samosir menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah pusat yang akan merealisasikan pembangunan dua titik jalan layang di ruas Medan-Berastagi.

“Kami dari DPRD Sumut memberikan apresiasi kepada Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah berjanji akan merealisasikan pembangunan jalan layang atau fly over di jalur Medan-Berastagi,” katanya kepada pers di Medan, Rabu.

Menurut dia, pembangunan dua titik jalan layang di jalan raya menuju kota wisata Berastagi tersebut efektif mengurangi kemacetan arus lalu lintas dari Kota Medan menuju Berastagi, terutama di masa libur dan akhir pekan.

Pembangunan jalan layang direncanakan berlokasi di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit,  persisnya di sekitar pusat instalasi pengolahan air milik PDAM Tirtanadi dan di kawasan tikungan pabril air mineral Aqua di  Desa Doulu.

Tahun 2020, kata dia, pembangunan fisik jalan layang mulai dikerjakan setelah beberapa bulan sebelumnya dilakukan survei lapangan dan kajian secara teknis.

Usulan mengenai peningkatan infrastruktur di jalan Medan-Berastagi, kata dia, sudah diusulkan oleh sejumlah institusi terkait, antara lain Pemerintah dan DPRD Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi dan anggota DPRD Sumut.

Leonard yang juga berasal dari daerah pimilihan (Dapil) Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, meyakini keberadaan dua ruas jalan layang tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh kendaraan bermotor dari Medan menuju Kabupaten Karo dan Dairi.

“Kemacetan lalu lintas Medan-Berastagi selama ini kerap dikeluhkan oleh masyarakat, termasuk petani di Kabupaten Karo dan Dairi,” tambahnya.

Dalam rangka memantapkan rencana pembangunan jalan layang Medan-Berastagi, Leonard yang juga anggota Komisi D DPRD Sumut bersama beberapa pejabat instansi terkait dari Pemkab Karo dan Dairi akan melakukan pertemuan dengan pejabat Kementerian PUPR di Jakarta pada 7 Agustus 2019.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian PUPR batal merealisasikan pembangunan jalan tol Medan-Berastagi yang diusulkan Pemkab Karo.

Sebagai gantinya, Kementerian PUPR akan membangun jalan layang di dua lokasi.

Rencananya, pembangunan Jalan Layang dilakukan di Desa Bandar Baru dan di depan PDAM kawasan Sibolagit, Kabupaten Deli Serdang. Pemkab Karo, kata Nasib, mengusulkan agar Pemerintah Pusat juga membangun Jalan Layang di kawasan tikungan Aqua, Desa Doulu.

Pembangunan jalan layang sepenuhnya kewenangan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Medan. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey