Home / Sumut / DPRD Palas Dukung Pembentukan Provinsi Sumteng

DPRD Palas Dukung Pembentukan Provinsi Sumteng

Komisi A DPRD Kabupaten Palas Sumatera Utara.(Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 5/7 (LintasMedan) – DPRD Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyatakan mendukung pemekaran wilayah Tapanuli bagian Selatan menjadi Provinsi Sumatera Tenggara.

Ketua Komisi A DPRD Palas Ali Gusnar Hasibuan didampingi anggota DPRD Palas lainnya yakni Baharuddin Daulay (PKPI), Hamidi Pasaribu (Golkar), H. Marhan Siregar (PKS) menyampaikan dukungan wacana terbentuknya provinsi baru itu usai melakukan rapat konsultasi bersama Komisi A DPRD Sumut, Jumat.

Sumut, kata dia sudah layak untuk dimekarkan karena begitu luas.

“Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung saja sudah dimekarkan,” katanya.

Sementara, lanjutnya wilayah Tabagsel itu seperti Palas luasnya mencapai 4.200 km2 ditambah luas kabupaten dan kota lainnya.

Sehingga idealnya Sumut seharusnya sudah punya 3 provinsi baru.

Politisi Hanura ini beralasan perlunya dibentuk Provinsi Sumteng karena pembangunan yang paling tertinggal di Sumut salah satunya adalah Kabupaten Palas.

“Setelah kita melewati Sungai Korang yang berbatasan dengan Riau, saat kita tidur di mobil atau angkutan maka kita akan terbangun tanpa dibangunkan karena rusaknya kondisi jalan,” kata Ali Gusnar.

Sedangkan jika hanya mengharapkan APBD Kabupaten Palas untuk pembangunan wilayah yang begitu luas tersebut maka dipastikan tidak akan terealisasi.

Selain itu, lanjut Gusnar lagi, pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara juga sangat beralasan karena didukung potensi alam yang mencukupi.

Ali Gusnar juga menjelaskan bahwa sebelumnya, masalah pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara sudah diparipurnakan di DPRD Palas dan Paluta.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey