Home / Sports / Kejurda Tarung Derajat Sumut Jaring Atlet Popnas 2019

Kejurda Tarung Derajat Sumut Jaring Atlet Popnas 2019

Kontingen atlet pelajar dari 19 kabupaten/kota mengikuti upacara pembukaan Kejurda tarung derajat tahun 2019 memperebutkan Piala Gubernur Sumut di GOR Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar Medan, Selasa (23/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/7 (LintasMedan) – Kejuaraan daerah (Kejurda) tarung derajat memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara (Sumut), dijadikan ajang untuk menjaring atlet Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV pada Oktober 2019 di Provinsi Papua.

“Saya berharap seluruh atlet untuk lebih giat berlatih. Pada Kejurda ini kalian di uji mana yang terbaik. Inilah yang akan kita ikutkan menjadi atlet pada Popnas di Papua nanti,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, pada upacara pembukaan Kejurda tarung derajat tingkat pelajar di GOR Dispora Sumut, Medan, Selasa.

Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian, mengingatkan bahwa cabang olahraga tarung selalu menjadi andalan bagi Sumut untuk meraih medali di setiap event nasional seperti Pekan Olahraga Nasional.

“Di Sumut yang selalu memberikan prestasi di tingkat nasional adalah atlet-atlet tarung, seperti taekwondo, karate, silat, dan tarung derajat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta para pembina cabang olahraga tarung agar lebih fokus dan bergiat membina para atletnya guna meraih prestasi untuk jangka pendek, yaitu PON 2020 Papua dan jangka panjang pada PON ke XXI Tahun 2024.

Disebutkan, Kejurda tersebut juga dimaksudkan untuk memotivasi pengurus cabang olahraga tarung derajat kabupaten dan kota se Sumut agar lebih giat membina olahraga tarung derajat berdasarkan kelompok-kelompok umur.

“Mudah-mudahan atlet pelajar Sumut bisa meraih prestasi terbaik di Popnas 2019,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Sumut Agung Sunarno, menyatakan optimistis Kejurda tarung derajat tingkat pelajar Sumut 2019 tersebut mampu menjaring petarung-petarung potensial asal Sumut.

Bahkan, pihaknya berencana mengirimkan para atlet berprestasi di event tersebut untuk mengikuti babak prakualifikasi PON untuk cabang tarung derajat yang dijadwalkan digelar di Jawa Barat pada November 2019.

“Kalau hari ini pelajar, Insya Allah tahun 2024 kalian akan jadi petarung senior di PON yang dilaksanakan di Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah. Keluarkan semua potensi anda, tunjukkan kalau anda petarung terbaik,” ucapnya.

Agung juga berpesan kepada wasit yang memimpin pertandingan selama penyelengaaraan Kejurda tarung derajat tersebut senantiasa menjunjung fair play, sehingga event itu mampu melahirkan para atlet potensial yang kelak mampu berkontribusi mengharumkan nama Sumut di kancah nasional.

Kejurda tarung derajat Sumut 2019 diikuti 152 atlet dari 19 Pengcab Keluarga Olahraga Tarung Derajat (KODRAT) kabupaten/kota.

Sebanyak 19 kabupaten/kota yang mengirimkan atletnya, yaitu Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padangsidimpuan, Karo, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Labuhanbatu Utara, Dairi, Mandailing Natal dan Batu Bara. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey