Home / Medan / Akhyar Pergoki Warga Buang Sampah ke Sungai Babura

Akhyar Pergoki Warga Buang Sampah ke Sungai Babura

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution (kedua kiri) didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Husni (kiri) dan Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis (knan), menemukan banyak tumpukan sampah di sekitar bantaran Sungai Babura Jalan Mongonsidi Medan, Minggu (28/7). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 28/7 (LintasMedan) РWakil Walikota Medan, Akhyar Nasution dalam perjalanan pulang seusai mengikuti acara hari tanpa kendaraan bermotor atau car free day di Lapangan Merdeka, Minggu (28/7), memergoki seorang warga membuang sampah ke Sungai Babura  tepatnya dari jembatan Jalan Mongonsidi Medan.

Menyikapi kejadian itu, Akhyar bersama Kadis Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Husni dan Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis langsung turun dari mobil dan menegur warga yang kedapatan membuang sampah ke Sungai Babura tersebut.

Selanjutnya, Wakil Walikota Medan meminta kepada warga tersebut untuk memungut kembali sampah yang telah dibuang ke Sungai Babura.

Permintaan Akhyar dipatuhi oleh warga tersebut dengan memungut kembali sampah yang dibuangnya itu.

Setelah memungut sampah, ia meminta kepada warga tersebut menandatangani surat pernyataan tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai.

Untuk mencegah kejadian serupa, Akhyar menginstruksikan kepada pihak kecamatan, kelurahan maupun kepala lingkungan setempat agar mendata dan mengawasi warga tersebut jika masih membuang sampah sembarangan akan diberi sanksi tegas.

Ia juga mengaku kecewa melihat kondisi sebagian pinggiran daerah aliran Sungai Babura yang hingga kini masih banyak sekali ditemukan tumpukan sampah.

“Di saat Pemerintah Kota Medan sedang giat-giatnya melaksanakan program menjaga kebersihan lingkungan dan mengatasi permasalahan sampah, malah masih banyaka warga yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Pemko Medan, kata dia, tidak akan pernah berhenti menghimbau kepada warga Kota Medan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Peran dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kota ini. Jika masih ada warga yang tidak mendukung dengan membuang sampah sembarangan, maka Pemko Medan dengan tegas akan memberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” tambahnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey