Home / Medan / PDAM Tirtanadi-Telkom Teken MoU Tranformasi Layanan Digital

PDAM Tirtanadi-Telkom Teken MoU Tranformasi Layanan Digital

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri (kanan) dan General Manager PT. Telkom Witel Medan Sudarto (kiri) menandatangani naskah kesepahaman bersama (MoU) terkait tranformasi digital, di kantor pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (12/8). (Foto: LintasMedan/Humas)

Medan, 12/8 (LintasMedan) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Sumatera Utara melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Telkom Witel Medan terkait kerja sama transformasi dari layanan konvensional menjadi digital.

MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri dan General Manager PT. Telkom Witel Medan Sudarto di kantor pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (12/8).

Siaran pers PDAM Tirtanadi, menyebutkan transformasi digital air minum dan air limbah tersebut meliputi semua aspek operasional perusahaan dari sistem manual ke sistem digital, seperti mentransformasi sistem pengadaan dari sistem manual ke sistem elektronik (e-proc, e-catalog, e-tendering).

Selain itu, mentransformasi sistem peta pelayanan dari sistem manual ke sistem GIS, billing collection, NRW, complait handling , yang semuanya terintegrasi kedalam sistem digital berbasis data spasial.

Sebelumnya PDAM Tirtanadi telah menerapkan transformasi layanan digital, yakni pembayaran rekening air, pendaftaran pasang baru, pengaduan pelanggan, dan layanan pelanggan lainnya yang sudah dapat diakses secara digital melalui website dan aplikasi android Tirtanadi yang tersedia di play store.

Melalui MoU ini, PT. Telkom akan membantu untuk improvementnya sekaligus membuat grand design atau blue print pengembangan Information and Communication Technology (ICT) di PDAM Tirtanadi.

Sebagai langkah awal, PT. Telkom akan melakukan assessment terlebih dahulu terhadap ICT yang selama ini digunakan oleh PDAM Tirtanadi untuk menentukan skala prioritas dalam membangun blue print ICT sebagai grand design kedepannya.

Transformasi Digital Air Minum dan Air Limbah ini merupakan salah satu program kerja manajemen baru PDAM Tirtanadi yang dipimpin oleh Direktur Utama Trisno Sumantri dengan menerapkan teknologi informasi dalam Tata Kelola Perusahaan dan Pelayanan Pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Transformasi Digital Air Minum dan Air Limbah ini juga sebagai salah satu upaya menjadikan PDAM Tirtanadi lebih handal dan maju serta layak dijadikan sebagai role model bagi PDAM-PDAM lain di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dengan Transformasi Digital, diharapkan nantinya PDAM Tirtanadi menerapkan prinsip-prinsip simple, smart dan valuable. Namun yang paling penting dari proses tersebut adalah dengan mentransformasi SDM terlebih dahulu.

Hadir pada penandatanganan MoU tersebut Direktur Air Minum Joni Mulyadi, Direktur Air Limbah Fauzan Nasution, Ketua Tim Transformasi Digital PDAM Tirtanadi Abdi Sucipto dan beberapa Kepala Divisi terkait. (Rel/LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey