Home / Headline / Ribuan Pelari Antusias Ikuti Medan 10K

Ribuan Pelari Antusias Ikuti Medan 10K

Pretti Sihite dari Kota Sibolga menjadi juara kategori putri dalam Lomba Lari Medan 5K yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, di kawasan Jalan Balai Kota Medan, Minggu (25/8). (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 25/8 (LintasMedan) – Sekitar 3.000 orang lebih pelari yang terdiri dari atlet beberapa provinsi serta warga Sumatera Utara (Sumut) antusias mengikuti Medan 10K dan 5K Tahun 2019 di Medan, Minggu (25/8) pagi.

Para peserta lomba dilepas oleh Walikota Medan H.T Dzulmi Eldin bersama Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dari Jalan Balai Kota dan selanjutnya menuju Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Patimura, Jalan Mongonsidi, Jalan Ir Juanda, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Pemuda, Jalan Ahmad Yani dan finish di Jalan Balai Kota.

Event olahraga yang rutin digelar setiap tahun oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan itu terbagi ke dalam dua kelas utama, yaitu 10K dan 5K dengan menyediakan hadiah dengan total sebesar Rp188 juta.

Pada lomba lari 10K (kategori umum), juara pertama putra diraih Robby Sianturi dari Provinsi Bangka Belitung), juara II Fajar Hidayat (Sumatera Barat) dan juara III Ricky Simbolon (Kostrad).

Kategori putri, juara I Pretti Sihite dari Kota Sibolga, juara II Agustina (Kabupaten Asahan) dan juara II diraih Rosita (Tapanuli Selatan).

Untuk lomba Medan 5K kategori pelajar putra, juara I diraih M Raihan dari SMAN 8 Medan, juara II Al Azhari (MTS Muallimin Medan) dan juara III Daud Jaya (SMA Santo Thomas Medan).

Kategori 5K pelajar putri, juara I diraih Halimatusadiah, juara II Maulida Sari (SMA PAB Medan) dan juara III Rachel Sitorus (Sekolah Djuwita Medan).

Walikota Medan Dzulmi Eldin, mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba lari 10K dan 5K tersebut dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat agar gemar berolahraga, khususnya lari.

“Dengan membiasakan diri berolah raga, kita optimis masyarakat akan hidup sehat derajat kesehatan mereka meningkat,” ujarnya.

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka mencari serta melahirkan bibit pelari baru yang kelak akan dibina agar mereka dapat mengharumkan nama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional.

“Semoga pelaksanaan Medan 10K dan 5K dapat lebih baik lagi di tahun mendatang. Dengan demikian event ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Medan,” kata Eldin.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution didampingi unsur Forkopimda dan Kadispora Medan menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang diraih.

Dalam acara yang berlangsung meriah itu, dilakukan pula penarikan kupon lucky draw dengan hadiah utama 6 unit sepeda gunung. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey