Home / Sports / Sumut Jaring Bibit Atlet Lewat Kejuaraan Taekwondo Pelajar

Sumut Jaring Bibit Atlet Lewat Kejuaraan Taekwondo Pelajar

Kepala Dispora Sumut Baharuddin Siagian. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 2/8 (LintasMedan) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menjaring bibit atlet melalui kejuaraan taekwondo tingkat pelajar memperebutkan Piala Gubernur Sumut yang dijadwalkan berlangsung di GOR Futsal Dispora Sumut Jalan Jalan Wiliam Iskandar, 6-9 Agustus 2019.

“Kejuaraan ini akan diikuti sekitar 300 pelajar dari 17 kabupaten dan kota di Sumut,” kata Kepala Dispora Sumut, Baharuddin Siagian kepada pers di Medan, Jumat.

Menurut dia, sejumlah kabupaten/kota di Sumut cukup antusias mengirimkan para atletnya mengikuti kejuaraan taekwondo yang menyasar atlet usia dini tersebut.

Dikatakannya, antusiasme atlet pelajar untuk tampil dalam kejuaraan memperebutkan piala Gubernur Sumut Edy Rahmayadi itu menunjukkan semangat yang besar dalam pengembangan taekwondo lokal.

“Jumlah peserta yang tampil di kejuaraan taekwondo tingkat pelajar semula diperkirakan mencapai 700 orang, tetapi sesuai masukan dari pihak Pengurus Provinsi Taekwondo Sumut akhirnya peserta dibatasi sekitar 300 orang saja,” paparnya.

Melalui penyelenggaraan event tersebut, pihaknya menyatakan optimis akan muncul atlet-atlet taekwondo muda handal yang kelak diharapkan dapat meraih prestasi tingkat nasional maupun internasional

Baharuddin yang didampingi Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut Rusli, juga berharap melalui kejuaraan ini pembinaan atlet taekwondo di provinsi itu semakin bergairah dan berkesinambungan.

Kejuaraan taekwondo tingkat pelajar Sumut 2019 mempertandingkan 23 kategori nomor lomba.

Untuk junior putra, meliputi FIN-45 kg, kyurugi FIN (-48 kg), Bantam (-51 kg), Feather (55 kg), Light (59 kg), Welter (63 kg), Light Middle (68 kg), Middle (73 kg), Light heavy (78 kg), Heavy (+78 kg) serta Pomsae atau tarung dan seni putra/putri.

Untuk kategori junior putri, mempertandingkan nomor FIN (-42 kg), Fly (-44 kg), Bantam (46 kg), Feather (-49 kg), Light (-52 kg), welter (-55 kg), Light Middle (-59 kg), Middle (63 kg), Light heavy (-68 kg), dan Heavy (+68 kg). (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey