Home / Medan / Lurah Diminta Tak Ragu Bangun Sarana

Lurah Diminta Tak Ragu Bangun Sarana

Medan,30/9 (LintasMedan) – Para lurah diminta tidak ragu dalam melaksanakan pembangunan sarana  dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Selain harus benar-benar melaksanakannya  sesuai dengan  peraturan yang berlaku, pembangunan yang dilakukan juga harus melibatkan masyarakat sekitar.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dalam  rapat membahas Tindak Lanjut Pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.130/2018 tentang Pembangunan Sarana dan Parsarana Kelurahan serta Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan di Ruang Rapat III Balai Kota Medan, Senin (30/9).

Di hadapan seluruh lurah dan camat yang hadir, Wakil Wali Kota memaklumi jika ada keragu-raguan bagi lurah untuk melaksanakan Permendagri No.130/2018  tersebut.

Sebab, baru pertama kali dilakukan sehingga timbul rasa kekhawatiran kemungkinan terjadinya kesalahan ketika melaksanakannya nanti.

“Saya  bisa memahami jika ada keraguan dalam diri bapak dan ibu lurah untuk melaksanakan Permendagri No.130/2018.  Apalagi  pelaksanaan pembangunan  sarana dan prasarana kelurahan baru pertama kali dilakukan.  Yang penting bapak dan ibu lurah haru percaya diri dan melaksanakannya sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Wakil Wali Kota.
 
Didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al RRahma, Akhyar juga mengingatkan agar pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan yang dilakukan tidak tumpang tindih.

Misalnya pekerjaan yang sudah ditangani petugas penanganan parasana dan sarana umum (P3SU), jelas Wakil Wali Kota, tidak dimasukkan lagi dalam pelaksanaan pembngunan sarana dan prasarana kelurahan.  

“Begitu juga pekerjanya, bapak dan ibu lurah jangan menggunakan tenaga P3SU dalam  pelaksanaan pembangunan  sarana dan prasarana kelurahan,” pesannya.

Di samping itu pekerjaan yag sudah ditangani Dinas Pekerjaan Umum, tegas Akhyar, juga tidak bisa dikerjakan kembali, termasuk pekerjaan yang dilakukan OPD terkait lainnya yng ada di kelurahan bersangkutan. Untuk itu Akhyar berpesan kepada lurah untuk melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) maupun tokoh masyarakat.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey