Home / Sports / 148 Pegulat Ramaikan Kejurda Piala Gubernur Sumut

148 Pegulat Ramaikan Kejurda Piala Gubernur Sumut

Pegulat sedang bertarung di Kejurda Piala Gubernur Sumut.(Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 10/10 (LintasMedan) – Sebanyak 148 pegulat tampil di Kejuaraan Gulat Senior Piala Gubernur Sumut 2019 di GOR Dispora Sumut Jalan Williem Iskandar, 9 sampai 12 Oktober.

Ajang ini digelar untuk menarik minat dan mencari para pegulat muda ini dibuka Sekretaris Dispora Sumut, Rudi Rinaldi mewakili Gubernur Sumut.Dalam sambutannya, Rudi mengatakan, digelarnya kejuaraan gulat senior tahun ini agar semakin memacu para atlet agar terus meningkatkan kemampuan.

Selain itu, ajang ini juga bertujuan untuk semakin memotivasi para atlet agar tetap semangat berlatih dan semakin menumbuhkan minat calon atlet untuk menekuni olahraga gulat. “Gulat ini peminatnya sudah tidak banyak. Karena itu, salah salah satu inovasi yang kita buat dengan menggelar event. Ini Supaya timbul minat-minat orang untuk bergulat,” katanya pada acara pembukaan, Kamis, (10/10).

Rudi juga mengatakan, ajang ini sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi setiap pengacab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan dan peningkatan kualitas para atletnya selama ini. Lewat ajang ini, diharapkan akan terjaring bibit-bibit baru potensial untuk dikirimkan mengikuti event-event berikutnya. “Oleh karena itu diminta juga pada Pengprov PGSI untuk terus membuat inovasi-inovasi baru supaya orang mau main gulat. Karena kita punya nama besar di gulat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kabid Pembinaan Prestasi Olahraga (PPO) Dispora Sumut Josua Sinurat menyebutkan, ajang ini diikuti 143 pegulat dari 17 pengcab/pengkot Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sumut. Ke-143 pegulat tersebut, terdiri dari 101 putra dan 42 putri.

Adapun 17 pengcab PGSI Kabupaten/kota yang ambil bagian, Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Sergai, Tanah Karo, Sidimpuan, Tanjungbalai, Dairi, Asahan, Humbahas, Taput, Tapteng, Samosir, Tapsel, Labuhanbatu, dan Tebingtinggi. Mereka ambil bagian di 18 kelas yang dipertandingkan. Yakni, 6 kelas gaya bebas putra, 6 kelas gaya bebas putri dan 6 kelas gaya grecko. 

Josua mengharapkan para atlet dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk berebut juara di ajang ini. Katanya, ajang ini juga menjadi perhatian bagi talent scouting untuk melihat potensi para pegulat. “Ada tiga orang tim talent scouting untuk melihat, memantau dan mempersiapkan atlet berbakat yang akan dipelatdakan jangka panjang oleh KONI,” pungkasnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey