Home / Profil / Ade Rosda : Jadikan Medan Kota Layak Anak

Ade Rosda : Jadikan Medan Kota Layak Anak

Ade Rosda (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 4/10 (LintasMedan) – Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan sudah semakin dekat, sejumlah bakal calon bahkan telah mendaftar ke berbagai partai politik.

Mereka ada yang dari kalangan pengusaha maupun politisi ingin bertarung pada pesta demokrasi yang akan dihelat pada 2020.

Sayangnya dari nama-nama yang diketahui dan terpublikasi telah mendaftar ke sejumlah parpol tersebut tak satupun perempuan.

Padahal Kota Medan punya banyak sosok wanita hebat dan sukses di berbagai bidang.

Mereka diyakini juga memiliki segudang ide dan kemampuan untuk menjadikan kota metropolitan itu benar-benar menjadi tempat hunian yang nyaman bagi warganya.

Namun umumnya Kaum Hawa kurang tertarik muncul ke permukaan. Sejumlah agenda dan kegiatan kemanusiaan yang begitu padat dilakukan juga terkadang kurang terpublikasi.

Sebagaimana Ade Rosda,52, yang merupakan Ketua Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Sumut.

Dia hanya tertawa lepas saat ditanya kenapa tak ada niat untuk mendaftar sebagai salah satu calon perwakilan perempuan di Pilkada Medan.

“Berbuat untuk kemanusiaan kan tidak harus jadi pemimpin,” ujarnya saat berbincang santai dengan wartawan, kemarin.

Mungkin itu yang menjadi satu alasan bagi wanita penyayang kucing ini untuk tidak mempublikasi sejumlah kegiatan kemanusiaan yang dilakukannya, mulai membantu perobatan keluarga tak mampu di rumah sakit, serta menolong orang-orang di sekitarnya.

Menurut dia berbuat baik tak perlu dibesar-besarkan apalagi harus diwarnai pencitraan.

Paling, kata Rosda dokumen yang ada hanya untuk konsumsi pribadi saja.

Rosda bahkan terkesan lebih tertarik bercerita soal 37 ekor kucing peliharaanya yang diambil dari berbagai tempat di jalanan untuk kemudian dirawatnya.

“Nih lihat kucing-kucingku. Cantik dan sehat-sehat,” katanya sambil memperlihatkan kamera handphone.

Terkait Kota Medan sebut dia, sebenarnya sudah terbangun dengan baik layaknya kemajuan pada kota -kota metropolitan.

Akan tetapi, lanjut Rosda pemimpin Kota Medan kedepan harus lebih memperhatikan kepentingan anak-anak yang hidup dan tumbuh besar di kota ini.

“Jadikanlah Medan sebagai kota layak anak. Di situ sudah mencakup semua, seperti pendidikan, kesehatan dan tempat bermain serta perlindungan terhadap anak-anak korban kekerasan,” ucapnya.

Rosda mengaku prihatin, melihat masih banyak anak-anak usia sekolah turun kejalan-jalan karena ingin membantu perekonomian orangtuanya.

Kedepan, kata dia jangan ada lagi pemandangan seperti itu di jalanan. Pemerintah harus mencari solusi dengan melakukan pembinaan kepada kaum ibu rumah tangga melalui pemberdayaan ekonomi. “Bina mereka agar bisa mencipatakan produk-produk UMKM di rumah-rumah sehingga perekonomian keluarga membaik dan anak-anak bisa sekolah,” tutur Ketua Perempuan LIRA Sumut dan Wakil Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan ini.

Dia juga mengimbau perempuan-perempuan di Kota Medan ini untuk terus pro aktif membuat kegiatan-kegiatan positif yang tentunya bisa membantu perekonomian kaum Hawa dan anak-anaknya kelak.

“Apalagi belakangan ini kita bisa manfaatkan tehnologi IT untuk kegiatan positif hanya di dalam rumah sambil menjaga anak-anak. Di situ banyak ide-ide kreatif yang bisa dipelajari dan di pasarkan,” ungkap Ketua Alumni SMA Negeri 2 Medan ini.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey