Home / Headline / Akhyar Apresiasi Forkala Medan Rawat Keberagaman

Akhyar Apresiasi Forkala Medan Rawat Keberagaman

Ketua Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan Datuk Adil Freddy (keempat kanan) menyerahkan buku berjudul ‘Medan Beranda Budaya Nusantara’ di sela melakukan kunjungan silaturahmi kepada Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution, di Balai Kota Medan, Kamis (31/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan,31/10 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution menyampaikan apresiasi kepada jajaran Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan karena selama ini dinilai turut berperan menjaga dan merawat keberagaman masyarakat yang terdiri dari suku,adat dan agama di wilayah itu.

“Terima kasih atas perhatian, kepedulian dan kecintaan Forkala kepada Kota Medan salah satunya dengan ikut serta merawat dan membina kerukunan hidup antar sesama meski di tengah-tengah perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan,” katanya saat menerima audiensi pengurus Forkala Medan, di Balai Kota Medan, Kamis (31/10).

Akhyar menekankan bahwa kerukunan dan kedamaian menjadi barang mahal yang harus dijaga bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita patut berbangga karena Kota Medan dikaruniai dengan keberagaman. Perbedaan bukanah alasan untuk saling berselisih paham,” ucap Plt Walikota.

Keberagaman masyarakat, lanjut dia, justru menjadi kekuatan dan modal bersama untuk membangun Kota Medan.

“Kita semua adalah sebuah keluarga besar yang hidup dalam satu rumah bernama Kota Medan,” ujar Akhyar.

Pihaknya juga berharap Forkala dapat menjadi jembatan penghubung kepada masyarakat dalam mencegah dan menjauhkan diri dari penyalahgunaan narkoba.

Sebab, Akhyar meyakini Forkala memiliki kapasitas untuk menyampaikan hal tersebut kepada masing-masing elemen masyarakat sesuai dengan budaya dan kebiasaannya.

“Kami meyakini, bahwa Forkala diisi orang-orang yang paham dan menguasai tentang adat, kebiasaan serta budaya dari masing-masing etnis. Ini bisa menjadi modal untuk kita semua untuk mempermudahkan mengajak dan mengimbau masyarakat sesuai karakternya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Forkala Kota Medan Datuk Adil Freddy menjelaskan bahwa kunjungan silaturahmi tersebut dimaksudkan untuk menyerahkan buku berjudul ‘Medan Beranda Budaya Nusantara’ kepada Plt. Walikota.

Buku tersebut,kata dia, merupakan hasil buah pikiran dari seluruh pengurus yang berlatar belakang dari berbagai suku, etnis dan agama yang berbeda.

“Sekitar Januari 2020 kita akan menerbitkan kembali buku ‘Medan Beranda Budaya Nusantara’. Untuk itu, kami minta saran, masukan dan harapan dari Plt Walikota Medan,” kata Datuk Adil. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey