Home / Headline / Gubernur Beri Semangat Atlet Porwil Sumut

Gubernur Beri Semangat Atlet Porwil Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kedua kanan) bercanda dengan salah seorang atlet tinju (kiri) di sela acara pelepasan kontingen atlet Sumut yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Tahun 2019 se-Sumatera, di Medan, Jumat (25/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 25/10 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan semangat untuk seluruh atlet Sumut yang akan tampil dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Tahun 2019 se-Sumatera di Bengkulu pada awal November.

“Saya doakan kalian juara umum di sana (Bengkulu). Lakukan yang terbaik anak-anakku untuk Sumut. Sehingga, harum nama provinsi kita ini,” katanya pada acara pelepasan kontingen Porwil Sumut, di Medan, Jumat (25/10).

Pada kesempatan yang sama Gubernur juga melepas Tim Paduan Suara Consolatio Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan mengikuti kompetisi Tolosa Choral Contest 2019 di Spanyol.

Khusus kepada para atlet Sumut yang akan tampil di Porwil 2019, Gubernur meminta agar seluruh atlet bisa memberikan yang terbaik bagi Provinsi Sumut, yaitu dengan meraih prestasi setinggi-tingginya dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Ia menekankan bahwa persiapan merupakan persentase terbesar yang menjadi penentu kesiapan seseorang dalam menghadapi kompetisi, termasuk Porwil 2019 se-Sumatera.

Kemudian, disusul dengan mental dan suporter.

“Jadi kalau diibaratkan 100 persen, 60 persen itu persiapan, 30 persen mental, dan 10 persen adalah dukungan suporter,” paparnya.

Menurutnya untuk meraih prestasi itu tidak mudah, sehingga mutlak dibutuhkan kerja keras, disiplin yang tinggi serta dukungan dengan penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

Ibarat menjadi prajurit, berkompetisi bagi atlet artinya memasuki medan perang.

“Mau perang itu artinya siap mati. Tak ada kata menyerah, jadikan itu motivasi. Berusaha, berjuang, dan berdoa,” ujarnya.

Edy kemudian menampilkan video-video inspiratif yang menggambarkan perjuangan dalam berkompetisi.

Salah satunya video atlet-atlet difabel yang mengikuti kompetisi olahraga.

“Saudara kita yang tidak lengkap seperti kita saja tak mau menyerah, malu kalian kalau tidak maksimal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Edy juga menayangkan master plan pembangunan Sport Center Sumut.

Gubernur menargetkan pembangunan komplek olahraga bertaraf internasional tersebut selesai sebelum masa jabatannya berakhir tahun 2023.

Selanjutnya, sport center tersebut akan salah satu sarana untuk mendukung Sumut sebagai tuan rumah PON tahun 2024.

Pelepasan kontingen Sumut ditandai dengan penyerahan pataka dari Gubernur Sumut kepada Ketua Kontingen Porwil Agung Sunarno.

Porwil 2019 se-Sumatera merupakan tolok ukur pembinaan prestasi olahraga tingkat nasional, sekaligus gambaran hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing provinsi.

Ketua Kontingen Porwil Sumut Agung Sunarno, menjelaskan, persiapan atlet Sumut untuk menghadapi Porwil telah dilaksanakan selama delapan bulan.

Kontingen Sumut yang akan berangkat mengikuti Porwil 2019 berumlah 248 orang, terdiri dari 160 atlet (101 putra dan 59 putri), 36 pelatih, lima manajer dan 47 ofisial.

Dalam event pra PON 2020 itu, kontingen Sumut akan mengikuti 11 cabang olahraga, yakni atletik, renang, tinju, voli, kempo, bulu tangkis, panjat tebing, catur, muay thai, biliar dan sepak bola.

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur yang telah melepas kontingen Sumut.

“Mudah-mudahan kita doa bersama, agar kontingen yang berangkat meraih juara umum,” tuturnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey