Home / Bisnis / Gubernur Sumut Apresiasi Pameran GIIAS Medan 2019

Gubernur Sumut Apresiasi Pameran GIIAS Medan 2019

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan kata sambutan pada acara peresmian pembukaan Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Santika Premiere Hotel Medan, Rabu (23/10). (Foto: LintasMedan/Irm)

Medan, 23/10 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut)Edy Rahmayadi mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di Santika Premiere Hotel & Convention Medan, 23-27 Oktober.

“Saya berharap pameran ini menjadi ajang bagi masyarakat, agar banyak pilihan atas kendaraan. Setidaknya saya ingin kota Medan menjadi urutan ke satu pertumbuhan industri otomotif. Paling tidak ketiga dari urutan ke tujuh,” kata Edy saat membuka Pameran GIIAS 2019 di Medan, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Edy berharap pameran GIIAS 2019 Medan menjadi ajang sosialisasi agar masyarakat memiliki semakin banyak pilihan terhadap kendaraan.

Edy juga mengapresiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang secara simultan melaksanakan pameran dunia otomotif di Kota Medan agar kegiatan positif tersebut bisa memacu pembangunan daerah dan investasi dapat terus berlanjut.

Ia mengemukakan produk industri otomotif merupakan salah satu pemasok devisa terbesar di Sumut, karena setiap bulana ada sekitar 3.000 unit kendaraan yang masuk ke provinsi itu.

“Saya ingin dibangunnya pabrik mobil di Sumatera Utara ini. Dengan begitu, kita dapat mendatangkan para investor luar untuk datang ke Sumateta Utara,” ujarnya.

Ketua Penyelenggara GIIAS, Rizwan Alamsjah mengemukakan, pihaknya optimistis Medan akan sukses menutup rangkaian GIIAS 2019 The Series karena melihat perekonomian Medan yang terus tumbuh.

“Gaikindo ingin terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional lewat penyelenggaraan GIIAS. Dengan potensi yang dimiliki Medan, kami meyakini penyelenggaraan GIIAS The Series yang terakhir di tahun ini akan mencatat kesuksesan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Gaikindo menyatakan bahwa tren pertumbuhan industri otomotif nasional mulai bergeser ke provinsi-provinsi berkembang di Indonesia.

Kehadiran GIIAS di Medan, menurut dia, menjadi salah satu upaya Gaikindo untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional.

“Tren pertumbuhan industri otomotif Indonesia menunjukkan pergerakan positif. Penyelenggaraan pameran GIIAS 2019 di Kota Medan akan menjadi langkah tepat untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki Medan,” paparnya.

Kukuh menambahkan, Sumut berada di posisi tujuh dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2012-2018.

Pameran GIIAS Medan dilaksanakan di total luas area lebih dari 4.000 meter persegi.

Selama event pameran otomotif itu akan digelar berbagai program yang seru dan bahkan menguntungkan, seperti program annual test drive, community gathering dan auto contest.

Program terbaru dan yang paling menarik dari GIIAS Medan 2019 adalah talkshow seputar bisnis otomotif, GIIAS Autopreneur yang telah menjadi magnet pengunjung selama penyelenggaraan rangkaian GIIAS The Series sebelumnya. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey