Home / Kesehatan / Omron Rekomendasikan Alat Pengukur Tekanan Darah untuk di Rumah

Omron Rekomendasikan Alat Pengukur Tekanan Darah untuk di Rumah

Alat pengukur tekanan darah produksi Omron. (Foto: LintasMedan/ist)

Jakarta, 21/10 (LintasMedan) – Tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal sebagai hipertensi dianggap sebagai ‘silent killer’, karena memiliki gejala yang membuat si penderitanya tidak sadar, namun dapat berujung kepada kematian.

Salah satu langkah terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mempertahankan tekanan darah agar tetap normal yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Namun, memang masih banyak orang yang berpikir bahwa melakukan pemeriksaan tekanan darah bukanlah hal yang terlalu penting untuk dilakukan dan hanya dapat dilakukan di rumah sakit.

Padahal, hal tersebut sangat diwajibkan oleh Perhimpunan Hipertensi Indonesia sebagai upaya dalam mengurangi persenan penderita penyakit yang disebabkan oleh hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terkadang tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, dan bisa terjadi pada siapa saja.

Kebanyakan penderitanya tidak menyadari, sehingga bisa berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi kesehatan.


Ketika darah memberi tekanan terlalu besar pada sistem kardiovaskular, dinding pembuluh darah serta otot jantung bisa rusak dan menyebabkan serangan jantung.

Komplikasi lainnya termasuk gagal ginjal dan stroke. Ini sebabnya hipertensi juga kerap disebut ‘silent killer’. Hipertensi merupakan penyebab kematian kelima terbesar di Indonesia.

Riset dari World Health Organization (2015) menyebutkan bahwa 1 dari 4 laki-laki dan 1 dari 5 perempuan di seluruh dunia saat ini berisiko menderita hipertensi.

Biasanya, serangan jantung dan stroke kerap terjadi di rumah, bukan di rumah sakit atau klinik. Serangannya pun tak bisa diprediksi.

Managing Director PT. Omron Healthcare Indonesia, Yoshiaki Nishiyabu, mengemukakan, mengingat cepatnya hipertensi meluas di kalangan masyarakat Indonesia, deteksi awal dan pemantauan secara berkelanjutan sangatlah penting.


Jika tidak dirawat dan dipantau dengan baik, kata dia, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang mengancam nyawa.

Masyarakat dari semua kelompok umur perlu disadarkan atas bahaya hipertensi dan cara pencegahannya, termasuk pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah.

Omron Healthcare Indonesia akan terus bekerjasama dengan berbagai organisasi kesehatan dengan menawarkan peralatan kesehatan yang andal dan mudah digunakan untuk membantu pengguna memantau tekanan darah mereka pada batasan yang sehat dan normal.

Data yang dipantau berperan sangat penting untuk memberi informasi ke dokter, yang kemudian dapat memanfaatkannya untuk memberikan pengobatan secara efektif.

“Kami senang bisa bekerja sama dengan Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH). InaSH akan sangat membantu kami mencapai visi dalam kampanye global Omron bertajuk ‘Zero Event’,” paparnya.

Kerja sama tersebut bertujuan mengurangi insiden terjadinya penyakit yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, sampai tak ada sama sekali.

Nishiyabu menambahkan, Omron terus berkomitmen membantu mewujudkan masyarakat sehat dengan nol kasus serangan jantung, stroke, dan lainnya.

“Masyarakat tidak ditentukan oleh usianya, namun keinginannya untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Melalui inisiatif ‘Zero Event’. OmronN secara global menjalin kerja sama dengan pihak-pihak dengan tujuan sama,” ujarnya.

Para penderita hipertensi juga sangat dianjurkan mengubah gaya hidup mereka dan mulai melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur.

Sebagai solusi terbaik, Omron Healthcare Indonesia dan Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH) merekomendasikan pemeriksaan tekanan darah secara berkala di rumah untuk menghindari stroke dan serangan jantung

Omron Healthcare Indonesia pun memperkenalkan sebuah alat untuk memeriksa tekanan darah sendiri yang sangat praktis untuk dimiliki. Seperti apa bentuk dan kegunaannya?

Seperti diketahui, Omron Healthcare Indonesia yang hadir sebagai brand penyedia alat-alat medis inovatif untuk terapi dan memantau kesehatan yang sudah teruji secara klinis memiliki komitmen yang sangat kuat untuk membantu masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan meminimalisir berbagai penyakit.

Produk yang baru saja diperkenalkan ini adalah monitor untuk memeriksa tekanan darah setiap orang yang dapat digunakan dimana pun, kapan pun, serta memiliki bentuk yang praktis untuk dibawa berpergian.

Memeriksa tekanan darah sendiri tentu saja sangat bermanfaat untuk mengetahui penyebab tekanan darah naik dan dapat mencegah berbagai penyakit komplikasi yang diakibatkan hipertensi seperti jantung, stroke, gagal ginjal, dan penyakit lainnya yang mengancam nyawa.

Selain itu, pemeriksaan tekanan darah sendiri juga lebih dapat menunjukkan penilaian dan penyawasan konkrit yang dapat memantau keadaan tubuh.

Omron Healthcara Indonesia dan Perhimpunan Hipertensi Indonesia juga menyarankan untuk terus menjaga tekanan darah dengan membiasakan diri menjalani gaya hidup yang sehat dan seperti memiliki kualitas tidur yang terbaik.

Dia juga menganjurkan masyarakat agar banyak mengonsumsi makanan yang mampu menjaga tekanan darah, serta mengonsumsi suplemen untuk tekanan darah. (LMC-03/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey