Home / Medan / Pemko Medan Gelorakan Terus Pengurangan Sampah Plastik

Pemko Medan Gelorakan Terus Pengurangan Sampah Plastik

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) menerima audiensi pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Medan, di Balai Kota Medan, Kamis (31/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan,31/10 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menggelorakan terus pengurangan sampah plastik dan styroafoam sekaligus mengedukasi masyarakat agar lebih peduli lingkungan.

“Ajakan untuk mengurangi penggunaan plastik dan styroafoam akan terus kita gelorakan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution di Medan, Kamis (31/10) saat menerima audiensi pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Medan.

Pihaknya menyatakan optimis tekad Pemko Medan meminimalisir kerusakan lingkungan akibat sampah plastik dan styroafoam dapat terwujud jika didukung oleh seluruh elemen masyarakat di wilayah tersebut.

Disebutkannya, sampah plastik dan styrofoam adalah salah salah satu sumber pencemaran lingkungan hidup.

Penggunaan produk plastik dan styrofoam secara tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah lingkungan hidup yang serius.

Sebab,lanjutnya, dampak negatif sampah berbahan plastik dan styrofoam tidak hanya merusak kesehatan manusia dan membunuh berbagai hewan yang dilindungi, tetapi juga merusak lingkungan secarasi stematis.

“Jika tidak dikelola serius, pencemaran sampah plastik akan sangat berbahaya bagi kelanjutan planet bumi,” paparnya.

Karena itu, Akhyar mengingatkan bahwa manfaat penggunaan plastik dan styrofoam harus diimbangi dengan kalkulasi dampak negatif yang dihasilkannya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran pengurus dan anggota IMM Kota Medan yang menyatakan sangat mendukung kebijakan Pemko Medan menggelorakan gerakan untuk mengurangi penggunaan plastik maupun styropoam.

“Terima kasih atas dukungan IMM Kota Medan. Mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam harus dimulai dari diri masing-masing dan harus didukung semua pihak,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua IMM Kota Medan Angga Fahmi menyampaikan kepada Plt Walikota Medan mengenai penyelenggaraan kegiatan pengkaderan mahasiswa Darul Arkomadia Nasional yang akan berlangsung di Medan, Minggu (3/11).

Kegiatan tersebut, menurut dia, akan diikuti 32 peserta pengurus IMM yang berasal dari delapan kota di Indonesia.

Melalui kegiatan pengkaderan mahasiswa Darul Arkomadia Nasional itu, pihaknya berkeinginan melahirkan rumah arkom yang akan berfungsi sebagai wadah pendidikan non formal bagi anak-anak kurang mampu.

“Selain memberikan pendidikan non formal bagi anak-anak yang kurang mampu, kita ingin rumah arkom juga menjadi tempat untuk mengadvokasi sekaligus menggerakkan dukungan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, termasuk mengajak untuk mengurangi plastik dan styroafoam dalam kehidupan sehari-hari,” kata Angga. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey