Home / Politik / Politisi PPP Dukung UU Pesantren

Politisi PPP Dukung UU Pesantren

Jafaruddin Harahap (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 1/10 (LintasMedan) – Ketua Fraksi Nusantara DPRD Provinsi Sumatera Utara, H.Jafaruddin Harahap menyambut baik pengesahan Undang-undang Pesantren oleh DPR RI.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumut ini berharap pemerintah segera merealisasikan dan mengimplementasikan undang-undang pesantren di daerah.

Hal itu disampaikan Jafaruddin Harahap dalam siaran persnya kepada wartawan di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, kemarin.

Dia mengatakan, pengesahan UU Pesantren diyakini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan pesantren di masa mendatang.
“Terima kasih kepada semua pihak, khususnya Fraksi PPP di DPR yang dari awal menginsiasi dan mengawal UU Pesantren,” ujar Jafaruddin, politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP/ ini.

“Kita harapkan kementrian terkait mengimplementasikannya agar manfaatnya langsung dirasakan kalangan pesantren,”imbuhnya.

Jafaruddin menjelaskan itu berkaitan perkenalan komposisi Fraksi Nusantara DPRD Sumut yang terdiri dari 3 partai politik yakni, PPP, PKB dan Perindo. Komposisinya yakni Ketua Jafaruddin Harahap (PPP), Sekretaris Zeira Salim Ritonga (PKB), Wakil Ketua Jonius Taripar Hutabarat (Perindo), Darwin SAg (PPP) dan Loso (PKB) masing-masing sebagai anggota.

Lebihlanjut Jafaruddin menyatakan, dengan ditetapkannya undang-undang pesantren maka pondok pesantren bisa sejajar dengan pendidikan umum. “Ini merupakan berkah bagi lembaga pendidikan Islam yang sudah lama berkembang di Indonesia, kini mendapatkan pengakuan negara dan juga akan mendapatkan perhatian lebih besar dibanding sebelumnya,”kata Sekretaris DPW PPP Sumut ini.

Jafaruddin juga menyatakan,, disalnnya undang-undang pesantren maka kedepan negara berkewajiban memberikan support baik menyangkut sarana prasarana maupun pembinaan terhadap sistem serta materi di dalam pesantren agar semakin maju dan baik.
Selama ini, lanjut Jafaruddin, persantren terbukti menjadi salah satu pilar utama pendidikan di Indonesia.

“Bahkan pesantren mampu ikut membentuk karakter bangsa yang kuat.Banyak SDM yang dilahirkan pesantren mampu memberikan kontribusi besar bagi bangsa ini. diharapkan dengan disahkannya UU Pesantrean, lembaga pendidikan Islam ini makin banyak melahirkan kader berkualitas dan handal yang mampu bersaing di tingkat global,” jelas wakil rakyat asal pemilihan Kabupaten Deliserdang ini.(LMC/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey