Home / Medan / Wakil Walikota Tinjau Gotong Royong di Kecamatan Medan Barat

Wakil Walikota Tinjau Gotong Royong di Kecamatan Medan Barat

Sejumlah warga melaksanakan gotong royong membersihkan sebagian kawasan bantaran Sungai Deli dari tumpukan sampah di Kelurahan Pulau Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat, Jumat (18/10). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/10 (LintasMedan) – Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution meninjau kegiatan gotong-royong yang diadakan jajaran Kecamatan Medan Barat, Jumat (18/10).

Kegiatan gotong-royong kali ini difokuskan di Jalan Pertempuran Lingkungan 7, Kelurahan Pulau Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat.

Puluhan personil yang terdiri dari unsur pegawai kelurahan, Kepala Lingkungan, P3SU Kecamatan Medan Barat dan juga masyarakat setempat secara bahu-membahu dan penuh semangat membersihkan lingkungan sekitarnya dari tumpukan sampah.

Selain membersihkan aliran drainase dan jalan-jalan, konsentrasi gotong-royong juga dilaksanakan di sebagian bantaran Sungai Deli yang berada di wilayah itu.

Belasan orang turun dengan berbekal peralatan kebersihan seperti sapu, pengeruk sampah, cangkul dan sekop membersihkan daerah pinggiran sungai secara bersama-sama hingga bersih dari berbagai sampah terutama sampah non organik.

Dalam pelaksanaan gotong-royong ini, volume sampah yang berhasil dikumpulkan dari lingkungan tempat tinggal warga maupun dari sekitar bantaran sungai mencapai 2,6 ton.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota memberikan arahan agar masyarakat sudah harus mampu memilah sampah dengan benar guna mengurangi tumpukan sampah yang menggunung.

Jika masyarakat mampu melaksanakan pemilahan sampah, lanjut daiaa, sampah yang ada tidak akan berserakan dan bertumpuk sehingga lingkungan tempat tinggal warga juga bersih dan sehat bebas sampah.

“Cara memilah sampah yang paling sederhana yakni pemilahan sampah dengan kategori organik dan non organik. Sampah organik bisa didaur ulang menjadi pupuk organik atau kompos dan sampah non organik sebagian dapat menjadi barang-barang daur ulang seperti tas, hiasan meja dan lain sebagainya,” ucap dia.

Dikatakan Akhyar, kegiatan gotong-royong merupakan bagian dari budaya orang Indonesia, karena dengan bergotong-royong pekerjaan yang banyak dan berat menjadi lebih ringan serta dapat segera diselesaikan.

“Budaya gotong-royong memang sudah mengakar dalam diri bangsa Indonesia, hal ini harus terus kita pupuk agar masyarakat terbiasa melakukan berbagai kegiatan dengan cara bersama-sama,” katanya didampingi Kabag Humas Setda Kota Medan Arrahmaan Pane dan Camat Medan Barat Rudi Faisal.

Karena itu, pihaknya mengajak warga setempat agar senantiasa meningkatkan semangat gotong-royong untuk membersihkan lingkungan sekitar.

“Mari kita budayakan kembali gotong-royong ditengah-tengah masyarakat Kota Medan,” ujar Wakil Wali Kota. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey