Home / Sumut / Almarhum Syekh Hasyim Al Sarwani Sosok Guru bagi Umat Muslim

Almarhum Syekh Hasyim Al Sarwani Sosok Guru bagi Umat Muslim

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua kanan) menghadiri pemakaman Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Al-Syarwani, di komplek Pesantren Babussalam, Padangtualang, Langkat, Minggu (17/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Langkat, 17/11 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengemukakan pimpinan Pondok Pesantren Babussalam Langkat almarhum Tuan Guru Syekh Hasyim Al Syarwani semasa hidupnya merupakan sosok guru bagi umat muslim.

“Seorang guru telah meninggalkan kita. Ilmu yang sudah diberikan Almarhum (Syekh Hasyim Al Syarwani) hendaknya senantiasa kita ingat dan amalkan untuk kebaikan seluruh umat,” katanya di komplek Pesantren Babussalam, Padangtualang, Langkat, Minggu (17/11).

Edy Rahmayadi menyatakan hal tersebut dalam kata sambutannya menjelang prosesi pemakaman jenazah Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al Syarwani.

Tuan Guru Syekh H Hasyim Al-Syarwani adalah pimpinan tarekat Naqsabandiyah terbesar di Asia Tenggara yang berpusat di Besilam, Kabupaten Langkat.

Almarhum tutup usia pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Colombia Medan pada Sabtu (16/11), sekitar pukul 11.30 WIB karena sakit.

Gubernur Sumut mengungkapkan kesedihan mendalam atas wafatnya tuan guru kharismatik tersebut.

“Siapa yang tidak sedih, sosok seorang ayah, seorang guru telah meninggalkan kita. Kita semua bersedih,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Edy mengajak para pelayat dan jemaah pesantren Babussalam melafazkan Al Fatihah untuk Almarhum Syekh Hasyim Al Syarwani.

Bergabung dengan ribuan jemaah, Edy bersama ribuan jemaah tarekat Naqsabandiyah turut mengantarkan jenazah ke pemakaman di area yang tidak jauh dari pesantren Babussalam.

Turut hadir pada pemakaman Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Al-Syarwani, antara lain Sekdaprov Sumut R Sabrina, Ketua MUI Sumut H Abdullah Syah, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekda Langkat Indra Salahudin, unsur Forkopimda dan OPD Pemprov Sumut. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey