Home / Nasional / BPJS Kesehatan Janji Pelayanan Lebih Baik Pascakenaikan Iuran

BPJS Kesehatan Janji Pelayanan Lebih Baik Pascakenaikan Iuran

Foto:Ilustrasi

Jakarta,1/11 (LintasMedan) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyebutkan, naiknya iuran BPJS Kesehatan akan dibarengi dengan peningkatan pelayanan.

“Kami pastikan fasilitas kesehatan memberi layanan yang lebih baik,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pihaknya berupaya menguatkan peran fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sebagai gate keeper melalui penerapan rujukan horizontal secara bertahap.

Rujukan horizontal merupakan mekanisme rujukan FKTP ke jejaringnya maupun rujukan antar FKTP ke FKTP lain beserta jejaringnya yang memiliki kemampuan dan kelengkapan sarana prasarana yang dibutuhkan.

BPJS Kesehatan juga telah mengeluarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 yang berisi tentang pembaruan aturan penerapan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) bagi FKTP. Aturan ini berlaku per 1 November 2019.

Salah satu indikator dan target penilaian kinerja FKTP yang berbeda dari ketentuan sebelumnya adalah rasio rujukan non spesialistik ke rumah sakit, berubah dari 5 persen menjadi 2 persen.

“Peserta bisa memperoleh pelayanan secara tuntas di FKTP dan angka rujukan ke rumah sakit bisa dikendalikan. Upaya ini juga diharapkan bisa memangkas antrian peserta di rumah sakit,” ucap dia.

Sementara di tingkat fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) review kelas rumah sakit juga harus benar-benar dilaksanakan agar rumah sakit bisa memberikan layanan kesehatan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, sehingga ada pemerataan akses layanan rumah sakit dan peserta JKN-KIS bisa mendapatkan penanganan yang maksimal.

“Agar hasilnya optimal, perbaikan layanan ini harus dilakukan secara bersama oleh semua pihak, mulai dari kementerian/lembaga, BPJS Kesehatan, Pemda, manajemen fasilitas kesehatan, hingga tenaga kesehatan,” kata Fachmi Idris. (LMC-03/KC)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey