Home / Headline / Edy Rahmayadi Terima Penghargaan Paramakarya 2019

Edy Rahmayadi Terima Penghargaan Paramakarya 2019

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin (kiri) menyerahkan piagam penghargaan Paramakarya tahun 2019 kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ( kanan) di Istana Wapres Jakarta, Kamis (28/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Jakarta, 28/11 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat berupa Anugerah Paramakarya tahun 2019 yang diserahkan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Penghargaan Paramakarya tahun 2019 merupakan yang ketiga kalinya diterima oleh Provinsi Sumut, setelah tahun 2015 dan 2017.

Anugerah Paramakarya 2019 diberikan Gubernur Sumut karena dua unit usaha kecil menengah (UKM) di provinsi tersebut dinilai berhasil meningkatkan produktivitasnya.

Dua unit UKM itu masing-masing usaha kerajinan kain ulos dari Kota Pematang Siantar dan Choco Bakrie dari Medan.

Pada acara penyerahan itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin
Ma’ruf mengharapkan pemerintah daerah terus mendorong peningkatan produktivitas di wilayah masing-masing.

Keberhasilan birokrasi mempermudah dunia usaha, lanjutnya, turut memperluas lapangan kerja dan menciptakan efek berlanjut bagi kesejahteraan masyarakat.

“Penerima penghargaan Paramakarya ini sudah seharusnya menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam hal peningkatan produktivitas,” kata dia.

Anugerah Paramakarya merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Kepala Daerah yang memberi dukungan dan pembinaan secara berkelanjutan terhadap pelaku usaha kecil, menengah dan skala besar.

Melalui dukungan tersebut akhirnya selama tiga tahun berturut-turut para pekerja di tiga segmen usaha itu mampu meningkatkan produktivitasnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, mengatakan pihaknya akan terus mendorong lahirnya pelaku usaha baru di wilayahnya.

“Kita berharap masyarakat tidak hanya menjadi konsumen melainkan mampu menjadi produsen,” ujarnya.

Ada tujuh kriteria sampai akhirnya kepala daerah dinobatkan sebagai pembina terbaik, yaitu kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus SDM, fokus pelanggan, data, Informasi, analisis serta manajemen proses dan hasil usaha.

Ketua Dewan Juri Paramakarya 2019, Hariyadi B. Sukamdani, mengatakan penghargaan Paramakarya digelar oleh Kementerian Tenaga Kerja setiap dua tahun sekali.

Beberapa hal yang sering dia utarakan kepada pengusaha di antaranya mengenai manajemen tenaga kerja, manajemen keuangan, produksi, hingga rencana bisnis ke depan.

“Penghargaan ini, selain berjenjang, penilaiannya juga membaca kemungkinan keberlangsungan di masa mendatang. Untuk itu, jalinan antara pengusaha dan pemerintah dalam hal ini sangat penting,” katanya. (LMC-03/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey