Home / Medan / Ikan yang Dijual di Pasar Aman Dikonsumsi

Ikan yang Dijual di Pasar Aman Dikonsumsi

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis menghadiri acara ramah tamah dan jamuan makan dengan menu utama ikan di kediaman Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Medan Belawan Jalan Gulama, Kelurahan Belawan Bahagia, Sabtu (23/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 23/11 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution mengemukakan ikan yang dijual pedagang di pasar di daerah ini aman dan layak dikonsumsi warga.

“Ikan yang dijual di pasaran (Medan) merupakan ikan yang aman dan layak untuk dikonsumsi,” katanya di Medan, Sabtu (23/11), terkait keresahan masyarakat di daerah itu yang takut mengkonsumsi ikan sejak beberapa pekan terakhir.

Akhyar menegaskan hal itu dalam kata sambutannya pada acara ramah tamah di kediaman Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Medan Belawan H Azwar di Jalan Gulama, Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan.

Plt Walikota Medan mengatakan, para nelayan di wilayah Belawan dan sekitarnya secara umum dalam menangkap ikan segar, dilakukan ketika berada di tengah laut yang berjarak ratusan mil dari bibir pantai.

Karena itu, pihaknya memastikan bahwa ikan yang beredar di berbagai pasar di Medan terjamin mutu serta kualitasnya.

“Masyarakat tidak perlu takut ataupun risau untuk kembali mengonsumsi ikan. Rasa takut yang timbul tentu mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat yang berakibat pada pendapatan para nelayan dan penjual ikan,” ujar Akhyar.

Meski demikian, pihaknya mengimbau konsumen untuk teliti dalam membeli sumber protein hewani itu.

Pemerintah Kota Medan melalui instansi terkait, lanjut dia, terus berupaya membangun budaya makan ikan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di ibu kota Provinsi Sumut itu.

Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan, ia berharap semakin tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan yang aman dan layak konsumsi.

“Mulai hari ini mari kembali kita konsumsi ikan karena sumber protein hewani yang baik untuk tubuh terlebih bagi tumbuh kembang anak-anak,” tuturnya.

Acara ramah tamah yang dilanjutkandengan makan siang bersama dengan menu utama ikan laut itu turut dihadiri Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis dan sejumlah tokoh ulama setempat.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat saling bersilaturahmi. Apalagi sebagai seorang muslim kita meyakini bahwa menjaga silaturahmi dapat memperpanjang usia dan memperluas rezeki,” kata Plt Walikota Medan. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey