Home / Headline / Jurnalis Maroko Diajak Promosikan Pariwisata Sumut

Jurnalis Maroko Diajak Promosikan Pariwisata Sumut

Duta Besar RI untuk Maroko Hasrul Azwar (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (kiri) di sela menerima kunjungan rombongan jurnalis dan pegiat media sosial asal Maroko, di Medan, Jumat (1/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 1/11 (LintasMedan) – Sejumlah jurnalis dan pegiat media sosial dari Maroko diajak oleh Kedutaan Besar RI di Rabat, Maroko untuk menjelajahi sekaligus mempromosikan beragam potensi pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Pengalaman dan perjalanan mereka selama mengunjungi objek wisata di Sumut nantinya akan dipublikasikan dan disebarluaskan sebagai bentuk promosi di Maroko,” kata Duta Besar RI untuk Maroko, Hasrul Azwar ketika bersama 10 jurnalis dan pegiat media sosial asal Maroko melakukan kunjungan kepada Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di Medan, Jumat.

Disebutkannya, salah satu destinasi wisata utama di Sumut yang akan dikunjungi rombongan jurnalis dan pegiat media sosisal asal Maroko tersebut adalah Danau Toba.

Hasrul mengemukakan bahwa dirinya sebagai putra daerah Sumut merasa turut bertanggung jawab untuk mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di Sumut.

“Untuk itu lah, kita bawa jurnalis daring, cetak, influencer dengan followers banyak di media sosial, dan tour operator. Kita ingin mereka tahu Indonesia itu bukan cuma Bali. Ada Sumut yang tidak kalah kaya dan indah,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa banyak peluang bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan pelaku dunia usaha setempat yang bisa dikerjasamakan dengan Maroko.

“Apalagi secara historis kita sudah lama menjalin hubungan baik sejak dulu dengan Maroko,” tambahnya.

Hasrul menambahkan, teh dan kopi menjadi komoditas yang paling diminati di Maroko.

“Mudah-mudahan setelah kunjungan rombongan jurnalis dan pegiat media sosial Maroko akan ada peningkatan kunjungan wisatawan dan kerja sama investasi antara Maroko dengan Indonesia, khususnya ke Sumut,” ucap dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan apresiasi kepedulian Dubes RI untuk Maroko Hasrul Azwar yang berkeinginan mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di Sumut, termasuk membawa rombongan jurnalis dan pegiat media sosial dari Maroko mengunjungi provinsi tersebut.

“Kita akan jajaki kerja sama sister province dengan kota pelabuhan terbesar di Maroko bernama Tanger,” katanya.

Menurutnya, menjalin kerja sama sister province dengan Tanger, memungkinkan Sumut untuk lebih mudah menyalurkan produk-produk pertanian, dagang, dan lainnya.

Kerja sama serupa juga telah dilakukan Otoritas Wilayah Pelabuhan Tanger dengan Provinsi Jawa Barat, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta.

Tanger merupakan kota pelabuhan terbesar di Maroko, kelima di dunia, dan nomor satu terbesar di antara 54 negara Afrika lainnya.

Pada kesempatan itu, Musa Rajekshah juga menyampaikan akan memastikan keikutsertaan Sumut pada pameran perdagangan internasional yang dilenggarakan KBRI untuk Maroko sebagai upaya promosi produk-produk unggulan Indonesia.

Untuk Sumut telah disiapkan stand khusus untuk berpartisipasi pada pameran yang direncanakan digelar sekitar pertengahan November 2019.

Pertemuan diakhiri dengan penyematan ulos kepada perwakilan delegasi dan penyerahan cendera mata kepada Dubes Hasrul Azwar oleh Wagub Musa Rajekshah. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey