Home / Medan / Legislator DPRD Medan Sambut Positif Imbauan Meminimalisir Sampah Plastik

Legislator DPRD Medan Sambut Positif Imbauan Meminimalisir Sampah Plastik

Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan Paul Mei Anton Simanjuntak. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 19/11 (LintasMedan) – Kalangan legislator di DPRD Kota Medan menyambut positif imbauan Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution untuk mengurangi sampah pelastik, termasuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai.

“Himbauan memerangi sampah plastik sangat baik untuk menjaga kelestarian lingkungan. Makanya, kita akan ikut mensosialisasikannya kapan dan dimana pun,” kata Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan, Paul Mei Anton Simanjuntak di Medan, Selasa (19/11).

Menurut Paul, gerakan memerangi sampah plastik yang gencar dikampanyekan Plt Walikota Medan bersama seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota (Pemko) setempat perlu didukung oleh segenap elemen masyarakat.

Himbauan memerangi sampah plastik, lanjut dia, perlu pula dibarengi dengan penerapan program pengelolaan plastik.

Dukungan dan peran aktif masyarakat memerangi sampah plastik, lanjut dia, sangat dibutuhkan demi mengurangi limbah yang mencemari ibu kota Provinsi Sumut itu.

“Kita berharap seluruh warga Medan dapat memahami dan merealisasikan penggunaan plastik kegiatan sehari hari. Hal itu diyakini mengurangi sampah plastik domestik yang dapat mengganggu ekosistem lingkungan dan kesehatan tubuh,” ucap Paul.

Dikatakannya, DPP PDI Perjuangan juga telah menginstruksikan kepada seluruh kader maupun anggota partai yang ada di struktur eksekutif dan legislatif agar lebih peduli dengan situasi lingkungan.

Salah satu instruksi tersebut adalah meminimalisir pemakaian plastik seperti botol plastik, kantong plastik, styrofoam dan sedotan.

Sebagaimana diinformasikan, Indonesia menjadi negara penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Data Bank Dunia tahun 2018 mengindikasikan bahwa sebanyak 87 kota di pesisir Indonesia diperkirakan turut menyumbang sekitar 1,27 juta ton sampah ke laut.

Berbagai kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik terus digalakkan oleh pemerintah, lembaga non pemerintah dan masyarakat. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey