Home / Sports / Panahan Sumut Raih Satu Emas Popnas 2019

Panahan Sumut Raih Satu Emas Popnas 2019

Atlet panahan M Hafizh Rayhan foto bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, ofisial dan pengurus Perpani Sumut, usai meraih medali emas Pekan Olahraha Pelajar Nasional (Popnas) XV Tahun 2019, di Jakarta, Jumat (22/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 22/11 (LintasMedan) – Kontingen Sumatera Utara (Sumut) menambah satu medali emas dari cabang panahan pada Pekan Olahraha Pelajar Nasional (Popnas) XV Tahun 2019, di Jakarta, Jumat (22/11).

Medali emas didapat dari cabang olahraga panahan melalui M Hafizh Rayhan usai menaklukkan atlet Jambi Taufik Hanan di final dengan skor 6-4.

Sementara empat perunggu diraih dari bulutangkis nomor ganda campuran dan ganda putra, atletik di nomor lari 2000 m SC atas nama Bagas Pandapotan, dan judo di nomor -48 kg perorangan putri atas nama atas nama Enjeline.

Dengan tambahan satu emas dan empat perunggu ini, Sumut dalam perolehan medali berada di peringkat tujuh.

Atlet panahan Sumut yang dimotori M Hafizh Rayhan kembali turun dalam nomor beregu putra.

Sumut sejauh ini total mengoleksi tujuh emas, tiga perak, dan sembilan perunggu.

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian mengapresiasi prestasi atlet panahan Sumut di Popnas 2019.

Ia menilai, perolehan medali dengan 7 emas hingga hari keenam telah melampaui Popnas 2017 di Jateng, yang menempati peringkat 11 dengan raihan empat emas.

“Kita mohon doa agar para atlet Sumut bisa menambah jumlah perolehan medali,” kata Baharuddin didampingi Sekretaris Dispora Rudi Rinaldi.

Raihan satu emas panahan tersebut, menurut dia, akan dijadikan dasar bagi pembinaan olahraga terukur untuk lebih diprioritaskan ke depannya.

Meski demikian, sejumlah cabang olahraga tidak terukur juga tetap diperhatikan.

Keberhasilan M Hafizh Rayhan meraih medali emas juga diapresiasi Rudi Rinaldi yang juga Wakil Ketua Umum Pengprov Perpani Sumut.

“Raihan medali emas panahan membuktikan bahwa Sumut bisa berprestasi. Selain meraih emas Popnas, Muhammad Hafizh Rayhan juga lolos PON Papua,” ujarnya.

Kontingen Popnas Sumut diprediksi masih berpeluang menambah media emas dari cabang olahraga pencak silat dan judo yang hingga memasuki hari keenam masih mempertandingkan beberapa nomor.

“Kita masih memiliki peluang untuk meraih tambahan medali emas,” ujar Rudi. (LMC-02/rel)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey