Home / Sumut / Pemkab Asahan Apresiasi PLN Terangi Dusun III Bukit Kijang

Pemkab Asahan Apresiasi PLN Terangi Dusun III Bukit Kijang

Manager PT Lonsum Hadi Siswanto (kiri) memakaikan rompi kepada Bupati Asahan Surya (kanan) pada acara peresmian pembangunan jaringan listrik menuju Dusun III Bukit Kijang, di Desa Gunung Melayu, Kecamatan Rahuning, Sabtu (16/11). (Foto: LintasMedan/ist

Kisaran, 16/11 (Lintas Medan) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengapresiasi langkah PT PLN dan perusahaan perkebunan PT London Sumatera (Lonsum) melanjutkan pembangunan jaringan listrik desa menuju Dusun III Bukit Kijang, Desa Gunung Melayu, Kecamatan Rahuning.

“Kami turut merasa bangga dan bahagia atas komitmen PT PLN untuk menyahuti harapan masyarakat Dusun III Bukit Kijang agar dapat menikmati penerangan listrik selama 24 jam,” kata Bupati Asahan, Surya, di Desa Gunung Melayu, Kecamatan Rahuning, Sabtu (16/11).

Bupati mengemukakan hal tersebut dalam acara penumbangan pohon perdana pembangunan listrik desa menuju Dusun III Bukit Kijang, Desa Gunung Melayu Kecamatan Rahuning.

Menurut dia, Dusun III Bukit Kijang selama ini belum teraliri listrik dan warganya membatasi aktivitas pada malam hari karena tidak ada penerangan.

Untuk kebutuhan penerangan di malam hari, lanjutnya, sebagian besar kepala keluarga di dusun tersebut bergantung pada genset atau lampu minyak.

Surya meyakini, penyambungan jaringan listrik PLN ke Dusun III Bukit Kijang akan ikut membantu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Jika Dusun III Bukit Kijang teraliri listrik PLN, tentunya warga dapat menghemat biaya untuk membeli solar dan minyak tanah. Selain itu kegiatan di malam hari juga meningkat,” ujar Bupati.

Surya membenarkan bahwa rencana pembangunan jaringan listrik menuju Dusun III Bukit Kijang sempat mengalami keterlambatan karena pembahasan yang dilakukan pihak Pemkab Asahan dengan PT. Lonsum dan PT. PLN beberapa waktu lalu belum tercapai kesepakatan.

Kerja sama Pemkab Asahan bersama PT PLN dan PT Lonsum untuk merealisasikan pembangunan jaringan listrik ke Dusun III Bukit Kijang mendapat sambutan positif dari kalangan tokoh dan masyarakat setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Bupati Asahan sehingga pembangunan jaringan listrik menuju Dusun III Bukit Kijang akhirnya terealisasi,” ucap Wagimin, tokoh masyarakat Dusun III Bukit Kijang.

Dia juga berharap Bupati Asahan Surya dan Sekda Asahan Taufik Zainal Abidin dapat terus melanjutkan sejumlah program pembangunan yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Pada kesempatan itu, Manager PT Lonsum Hadi Siswanto menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program Pemerintah merealisasikan pembangunan jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok Kabupaten Asahan.

“PT. Lonsum sangat mendukung program pemerintah dalam menuntaskan pembangunan jaringan listrik sampai daerah terpencil,” ujarnya.

Khusus kepada masyarakat Dusun III Bukit Kijang, Hadi berharap agar dapat membina sinergitas demi kemajuan dan kesejahteraan warga di dusun tersebut. (LMC-Arif)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey