Home / Medan / Peringati Hari Pahlawan Pemko Medan Berikan Sejumlah Penghargaan

Peringati Hari Pahlawan Pemko Medan Berikan Sejumlah Penghargaan

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada para pimpinan dan perwakilan rumah sakit, yayasan kesehatan dan PT Bank Sumut pada peringatan Hari Pahlawan 2019, di lapangan upacara Balai Kota Medan, Minggu (10/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 10/11 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah rumah sakit pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55, di halaman Balai Kota Medan, Minggu (10/11).

Siaran pers Humas Setda Kota Medan, menyebutkan selain lembaga kesehatan, Pemko Medan juga memberikan piagam penghargaan kepada beberapa yayasan serta perbankan yang telah berkontribusi pada dunia kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di ibu kota Provinsi Sumut itu.

Institusi penerima piagam penghargaan tersebut, diantaranya Palang Merah Indonesia (PMI), RS Stela Maris, RS Mitra Medika, PT Bank Sumut dan Yayasan Nurani.

“Momentum peringatan Hari Pahlawan sejalan dengan dedikasi seluruh komponen masyarakat dalam bidang kesehatan. Mereka menjadi pahlawan bagi orang lain karena telah berbuat dan melakukan yang terbaik dalam memberi kontribusi nyata bagi kesehatan masyarakat,” kata Pelaksana tugas (PLT) Walikota Medan, Akhyar Nasution.

Akhyar dalam kata sambutannya menekankan bahwa mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan menjadi tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat maupun institusi maupun lembaga non pemerintah.

Dengan demikian, lanjutnya, upaya mewujudkan masyarakat yang sehat dan madani dapat terwujud sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

“Ke depan semakin banyak pihak yang kita harapkan menaruh kepeduliannya terhadap dunia kesehatan lewat program-program yang langsung menyentuh ke masyarakat,” ujar Plt Walikota.

Dalam konteks memaknai Hari Pahlawan, Akhyar berharap momentum tersebut menjadi titik balik dan pengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi merebut kemerderkaan Indonesia.

“Siapapun bisa menjadi pahlawan. Hal itu dapat diwujudkan dengan senantiasa menolong orang lain, tidak menyebarkan berita bohong atau hoax yang dapat merusak kerukunan dan kedamaian bangsa serta menjadi motor penggerak membawa perubahan signifikan bagi Kota Medan termasuk dalam hal kebersihan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia menghimbau masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Kebersihan adalah tanggung jawab kita semua. Jika lingkungan bersih, saya optimis kita semua mampu mewujudkan visi misi Kota Medan menjadi kota multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius,” tambahnya.

Peringatan Hari Pahlawan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 mengusung tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

Upacara yang dipimpin Plt Walikota Medan tersebut berlangsung khidmat tersebut diikuti seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah dan ASN di lingkungan Pemko setempat.

Di sela upacara, Plt Walikota kemudian memanggil petugas kebersihan dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (P3SU) maju ke tengah-tengah lapangan upacara.

Selanjutnya, dia mengajak peserta upacara untuk memberikan apresiasi lewat tepuk tangan sebagai bentuk penghormatan karena mereka dianggap sebagai pahlawan atas kinerjanya dalam membersihkan Kota Medan.

“Hari ini di hadapan kita semua berdiri orang-orang yang berjasa untuk menjaga dan memastikan jalan-jalan dan lingkungan kita bersih dari sampah. Tanpa mereka, kita akan resah. Namun, membantu tugas mereka juga menjadi tanggungjawab kita dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampah masing-masing,” tuturnya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey