Home / Medan / Plt Walikota Pimpin Gotong-royong di Kecamatan Medan Timur

Plt Walikota Pimpin Gotong-royong di Kecamatan Medan Timur

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution memimpin gotong royong membersihkan lingkungan di Jalan Bengkel Simpang Asrama, Kecamatan Medan Timur, Jumat (1/11). (Foto:LintasMedan/ist)

Medan, 1/11 (LintasMedan) – Pelaksana tugas Walikota Medan, Akhyar Nasution memimpin langsung gotong royong membersihkan lingkungan yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Bengkel Simpang Asrama, Kecamatan Medan Timur, Jumat (1/11).

“Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemko Medan setiap Jumat pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya,” kata Akhyar.

Dengan menggunakan peralatan seperti cangkul, arit, sekop dan sapu, puluhan petugas dan masyarakat sekitar mulai membersihkan rumput dan lalang yang tumbuh di sekitar drainase.

Tumpukan sampah yang mengendap didalam drainase juga turut dibersihkan untuk mengantisipasi tersumbatnya drainase.

Sampah-sampah hasil gotong royong tersebut kemudian diangkut dengan menggunakan truk milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan setempat.

Menurut dia, gotong royong yang digerakkan jajaran Pemko Medan sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

Gerakan gotong royong membersihkan lingkungan tersebut, katanya, bermanfaat untuk menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan gotong-royong, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Ia menambahkan, untuk melestarikan budaya kebersihan tentunya dibutuhkan kebersamaan darisemua pihak dan kesadaran dari diri masing-masing.

“Apabila budaya kebersihan ditanamkan di dalam diri kita masing-masing, kelestarian dan kebersihan lingkungan akan selalu terjaga,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Walikota Medan menyerahkan empat unit tong sampah dan tumbler minuman secara simbolis kepada petugas dan masyarakat yang ikut bergotong royong.

Penggunaan tumbler minuman diharapkan dapat menggantikan kebiasaan masyarakat yang menggunakan kemasan plastik untuk minum.

“Ayo kita gunakan tumbler untuk mengurangi sampah plastik yang biasa kita gunakan, dengan begitu kita telah berkontribusi menjaga lingkungan dan mengurangi jumlah sampah di Kota Medan,” ujar Akhyar. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey