Home / Medan / Warga Medan Diimbau Buat Sumur Resapan Mencegah Banjir

Warga Medan Diimbau Buat Sumur Resapan Mencegah Banjir

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution (kanan) meninjau dan berdiskusi dengan beberapa orang warga mengenai manfaat sumur resapan di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Minggu (3/11). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 3/11 (LintasMedan) – Pelaksana tugas Walikota Medan, Akhyar Nasution mengimbau warga setempat agar dapat membuat sumur resapan sendiri sebagai upaya antisipasi genangan air dan banjir di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

“Kami berharap masyarakat memiliki kesadaran sendiri untuk membuat sumur resapan,” katanya pada acara penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba inovasi pembuatan sumur resapan di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Minggu (3/11).

Menurut dia, perbaikan drainase untuk mengatasi banjir secara cepat masih diperlukan, tetapi hal ini akan lebih efektif apabila diiringi dengan peningkatan peresapan air.

Sumur resapan sangat baik dalam mengurangi besarnya aliran permukaan sehingga menurunkan peluang terjadinya genangan air maupun kekeringan.

Teknik konservasi tanah dan air saat ini, lanjutnya, sangat diperlukan mengingat sering terjadinya genangan air di beberapa kawasan di Kota Medan.

Melalui sumur resapan, kata dia, air dapat mengalir ke dalam tanah dan mencegah terjadinya banjir.

Pada kesempatan ia mengaku senang dengan penyelenggaraan lomba inovasi sumur resapan yang dilakanakan jajaran kantor Kelurahan Tanjung Mulia Hilir.

Lomba sumur resapan tersebut dimaksudkan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar ikut serta berpartisipasi sekaligus menanamkan kepedulian pada lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Pihaknya menilai upaya tersebut turut berkontribusi meminimalisir masalah genangan air yang terjadi, sehingga masyarakat tetap dapat merasa nyaman dan aman.

“Tentunya hal ini dapat mengurangi sedikit demi sedikit permasalahan genangan air yang terjadi. Sebab, persoalan klasik yang kita hadapi ini butuh peran serta dan kontribusi serta inovasi dari setiap unsur wilayah di Kota Medan termasuk dengan melibatkan masyarakat,” kata Plt Walikota.

Akhyar berharap penerapan hasil inovasi sumur resapan tersebut dapat menjadi contoh konkrit bagi wilayah lainnya di Medan dalam upaya mencegah banjir.

“Semoga langkah ini dapat ditiru wilayah lainnya untuk melakukan hal yang sama. Apalagi pada pelaksanaannya, pembuatan sumur resapan tidak sulit dan terbilang ekonomis, sehingga bisa dijangkau siapa saja,” paparnya.

Disebutkannya, sumur resapan dapat dibuat dimana pun dengan inovasi tinggi di masing-masing kelurahan di tengah keterbatasan luas wilayah. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey