Home / Headline / Warga Sumut Diimbau Tidak Membuang Bangkai Binatang ke Sungai

Warga Sumut Diimbau Tidak Membuang Bangkai Binatang ke Sungai

Ilustrasi – Petugas mengangkat sejumlah bangkai babi yang mengapung di sekitar Sungai Bedera, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, baru-baru ini. (Foto: LintasMedan/dok)

Medan, 7/11 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengimbau warga di provinsi itu agar tidak membuang bangkai binatang ke sungai, termasuk sejumlah bangkai hewan ternak babi yang akhir-akhir ini ditemukan mati akibat tertular wabah kolera.

“Saya akan keluarkan surat kepada seluruh masyarakat, supaya tidak membuang, tidak hanya babi, tetapi semua sampah tidak boleh dibuang ke sungai,” katanya kepada pers di Medan, Kamis.

Menurut Gubernur, membuang bangkai babi ke sungai bisa memperparah menyebarnya wabah kolera yang sudah mematikan ribuan babi di Sumut.

Saat ini, kata Edy, Pemprov Sumut sedang menunggu bantuan vaksin dan tenaga ahli untuk menangani penyebaran kolera babi dari pemerintah pusat.

“Bantuan vaksin itu sedang dalam perjalanan,” tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemprov Sumut, Azhar Harahap mengungkapkan, wabah kolera babi sejak beberapa pekan terakhir telah menular ke beberapa kabupaten/kota di Sumut.

Wilayah yang terdeteksi tertular kolera babi, antara lain Kabupten Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Samosir dan Kota Medan.

“Saat ini, perkembangan virus tersebut sudah sampai ke 11 kabupaten kota,” katanya.

Sementara itu, pengamat Lingkungan Jaya Arjuna menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh peternak yang membuang bangkai hewan ke sungai.

“Bangkai hewan ternak yang mati secara tiba-tiba itu seharusnya ditanam atau dibakar, agar tidak menularkan virus,” ujarnya.

Namun, ia memperkirakan banyak peternak tidak mampu melakukan itu karena hewan mati dalam jumlah relatif banyak.

Untuk mengatasi hal itu, kata Jaya, pemerintah daerah harus membantu masyarakat menyiapkan lahan agar hewan ternak itu dapat ditanam. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey