Home / Headline / BNN Tangkap Pengedar 60 Kg Sabu Jaringan Malaysia-Sumut

BNN Tangkap Pengedar 60 Kg Sabu Jaringan Malaysia-Sumut

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Arman Depari (kedua kiri) memberikan keterangan kepada pers terkait pengungkapan kasus 60 kg sabu-sabu, di Medan, Rabu (11/12). (Foto: LintasMedan/DZ)

Medan, 11/12 (LintasMedan) – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita 60 kg sabu-sabu dan menangkap satu orang pria pengedar narkoba bernisial Zul yang diduga kuat merupakan jaringan Malaysia-Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Deputi Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Polisi Arman Depari, di Medan, Rabu, pihaknya berhasil menyita 50 bungkus sabu-sabu seberat 60 kilogram setelah melakukan penggerebekan di sebuah rumah di Jalan Pertiwi Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada Selasa (10/12).

“(Narkoba) dibawa melalui jalur laut menggunakan kapal kayu dan serah terima di tengah laut dari sindikat internasional dari Malaysia kepada sindikat lokal dari Indonesia dan dibawa ke Kota Tanjung Balai (Sumut). Dari Tanjung Balai kemudian disimpan di gudang di TKP (Kota Medan) kita lakukan penggeledahan,” paparnya.

Selain menyimpan narkoba, lanjutnya, tersangka Zul juga mengedarkannya ke tengah masyarakat.

“Motifnya seolah-olah belanja ke pasar, narkoba diletakkan di bagian kanan dan kiri keranjang yang dibawa dengan Bentor,” ujar Arman.

Untuk menyamarkan kejahatannya, tersangka Zul menggunakan kendaraan becak motor dan mengantar barang tersebut kepada pelanggan sesuai pesanan.

“Uang Rp60 juta yang ditemukan juga adalah hasil narkoba yang dijual Zul secara ecer atau paket hemat kepada anak-anak muda di kampung-kampung,” ujar Arman.

Modus ini, menurut dia, menunjukkan bahwa peredaran narkoba di masyarakat bukan hanya pada tempat hiburan tetapi juga sudah merambah ke semua lini.

Ia menilai, peredaran narkoba di wilayah Sumatera Utara (Sumut) sudah sangat akut.

“Saya kira ini jadi perhatian kita semua, masyarakat dan pejabat di Kota Medan dan Sumut,” ucap Arman.

Selain jadi tujuan pengiriman narkoba dari Malaysia, Sumut juga jadi gudang pengiriman narkoba ke sejumlah wilayah Indonesia.

“Sumut merupakan pengguna (narkoba) terbesar nomor dua di Indonesia. Dan (kota) Medan adalah salah satu gudang yang terbanyak narkoba (nya) untuk dikirim ke wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya meminta pejabat daerah lebih waspada membentengi wilayahnya agar meningkatkan kepedulian dan berperan mencegah kejadian yang sama terulang lagi.

“Apalagi saat ini, Sumatera Utara merupakan daerah pengguna narkoba tertinggi nomor dua di Indonesia,” katanya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey