Home / Medan / Edy Besuk Bayi Kembar Siam Asal Labusel  

Edy Besuk Bayi Kembar Siam Asal Labusel  

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membesuk bayi kembar siam asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit H Adam Malik Medan, Jumat (27/12).(Foto :LintasMedan/ist)

Medan, 28/12 (LintasMedan) – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membesuk bayi kembar siam asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit H Adam Malik Medan.

Edy juga memberikan semangat dan motivasi kepada kedua orangtua bayi yakni Nur Rahmawati, 25 dan Supomo, 32 agar sabar dan iklas merawat bayi mereka.

“Pemerintah pasti membantu dan memperhatikan kondisi bayi ini,” kata Edy kepada warga asal Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu Selatan itu, Jumat.

Pada kesempatan itu Gubernur Sumut juga memberikan tali asih untuk perawatan bayi kembar siam itu.

Kepada tim medis, Direktur Umum dan Operasional RS Adam Malik Dr Mardian dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit, gubernur berpesan agar bayi kembar siam ditangani dengan intensif.

“Dipantau perkembangannya dan dikomunikasikan apa saja yang menyangkut kebutuhan perawatan dan operasi pemisahan nantinya,” katanya.

Gubernur kemudian menghubungi Bupati Labusel agar memberi perhatian dan mengikuti perkembangan perawatan bayi kembar siam.

Dr Mardianto menyampaikan informasi sekilas perihal bayi kembar siam dempet perut dan dada yang berjenis kelamin laki-laki itu.

Menurut dia bayi lahir melalui operasi sesar pada 9 Desember 2019 di RS Adam Malik sekitar pukul 10.15 WIBi. Berat ketika lahir yakni 2,64 kilogram dan panjang 39 cm.

“Untuk operasi pemisahan itu baru bisa dilakukan umumnya ketika bayi sudah berumur delapan sampai sembilan bulan. Saat ini masih diovservasi. Usia dan berat bayi belum memungkinkan untuk dilakukan operasi, minimal beratnya 9 kilo dan kondisi kesehatan bayi dalam keadaan baik,” kata Mardianto.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey