Home / Medan / Kinerja Istri Pejabat Sumut Tergabung dalam Dharma Wanita

Kinerja Istri Pejabat Sumut Tergabung dalam Dharma Wanita

Lely Sulastri Dahler Lubis.(Foto:LintasMedan/irma)

Medan, 22/12 (LintasMedan) – Seikat daun bawang prei dan seledri berwarna hijau segar, terpajang di salah satu meja stand pameran, pada rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 20 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sumut di Aula Raja Inal Siregar, lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan P. Diponegoro No. 30 Medan, baru-baru ini.

Bukan seledri sembarang seledri, tapi sayuran itu merupakan hasil budidaya pertanian ibu-ibu Dharma Wanita di lingkungan Dinas Pertanian Sumut.

“Ayo dicoba, seledri dan daun prei ini merupakan sayuran sehat, karena ditanam dengan cara organik dan tidak menggunakan pupuk kimia,” kata Lely Sulastri, istri dari Kepala Dinas Pertanian Sumut Dahler Lubis.

Menurutnya para istri PNS di lingkungannya rutin melakukan kegiatan pertanian dan holtikultura.

Lokasi pertanian mereka terletak di Jalan Eka Rosa Kecamatan Medan Johor juga membudidayakan sayuran organik lainnya, seperti terong dan sawi. Hasil pertanian tersebut dibagi- bagi kepada masyarakat.

Dharma Wanita lingkungan Dinas Pertanian ini juga rutin menggelar sosialisasi di lingkungan ibu-ibu rumah tangga, bagaimana memanfaatkan lahan di pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

“Paling tidak mereka bisa panen untuk konsumsi keluarga, dan mendapatkan sayuran sehat organik,” kata Leli.

Pada kegiatan tersebut Dharma Wanita Dinas Pertanian Sumut juga memajang sejumlah hasil olahan pertanian lainnya, seperti kripik kentang, bawang goreng dan kerupuk.

Pada rangkaian HUT Dharma Wanita kali ini, ibu-ibu tersebut juga memberi bantuan berupa 500 paket makanan tambahan kepada anak sekolah dari keluarga kurang mampu.

Juliana Azhar Harahap (Foto:LintasMedan/irma)

Hasil Olahan Daging

Ibu-ibu Dharma Wanita di lingkungan Dinas Peternakan Sumut yang diketuai Juliana Azhar Harahap juga turut memamerkan produk binaan para istri Pegawai Negeri Sipil(PNS) di instansi itu.

“Ini ada nugget, rasanya nikmat dan sehat.Ayo dicoba,” kata Juliana seraya mempromosikan penganan olahan daging giling yang sudah dikemas dalam kotak.

Selain terbuat dari daging giling, nugget yang dipamerkan juga terdiri dari beberapa varian rasa, bentuk dan olahan, seperti rasa udang dan kepiting.

Juliana mengatakan Dharma Wanita di lingkungannya aktif melakukan sosialisasi makanan sehat dan bergizi.

“Kami juga rutin memberi menu gizi tambahan untuk anak-anak sekolah, salah satunya para siswa Yayasan Pertiwi,” katanya.(LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey