Home / Nasional / Lettu Erizal Sidabutar Tewas Ditembak KKB Papua

Lettu Erizal Sidabutar Tewas Ditembak KKB Papua

Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar (kiri) foto bersama orang tuanya saat menghadiri pelantikan adiknya Prawira Guntara Sidabutar (ketiga kiri) menjadi perwira TNI, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, tahun 2017. (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 18/12 (LintasMedan) – Anggota Kopassus TNI AD Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar yang berasal dari Kabupaten Dairi, Sumut, gugur dalam peristiwa baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Intan Jaya, Selasa (17/12.

Informasi yang dihimpun lintasmedan.com, Rabu, KKB yang terlibat kontak senjata merupakan kelompok pimpinan Lekagak Telenggen yang sebelumnya bermarkas di Lanny Jaya.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman, melalui keterangan tertulis, Rabu (18/12), menyebutkan, kontak tembak sempat terjadi saat TNI bersama Polri tengah melakukan pengamanan jelang perayaan Natal.

sebelum penembakan tersebut terjadi, warga setempat melaporkan adanya gangguan kemanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, perampasan, hingga perampasan harta benda. Tindak kriminal itu diduga dilakukan KKB.

Kemudian Satgas Gakum melakukan pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB. Masyarakat harua mendapatkan rasa aman menjelang perayaan Natal.

Namun, lanjutnya, tindakan kriminal tersebut benar terjadi dan kontak senjata tidak lagi dapat dihindarkan.

Dalam peristiwa itu, anggota TNI Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky harus bersimpuh darah.

“Saat ini, kedua jenazah dalam proses evakuasi,” tutur Sus.

Personel Gabungan TNI-Polri hingga saat ini masih berusaha mengejar kelompok tersebut yang diduga mengarah ke dalam hutan.

“(Kami) memastikan terjaminnya keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal,” ujarnya.

Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar diketahui merupakan anak kedua Aiptu Rukur Sidabutar, bintara Sat Binmas Polres Dairi.

Humas Polres Dairi, Ipda Donni Saleh mengemukakan jenazah Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar masih di Papua dan sedang dalam proses pengiriman ke Sidikalang, ibu kota Kabupaten Dairi.

Pasca menerima kabar tersebut, sejumlah keluarga besar Polres Dairi beserta sanak saudara dan handai taulan memenuhi rumah duka yang berada di kompleks Asrama Polisi Polres Dairi, Sidikalang.

Kabar meninggalnya Erizal juga viral di media sosial teman-temannya sesama alumni SMA Negeri 1 Sidikalang. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey