Home / Medan / Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2019

Medan Canangkan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2019

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Keluarga Berencana (PKK-KB) dan Kesehatan tingkat Kota Medan tahun 2019, di gedung Dharma Wanita Kota Medan, Kamis (5/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 5/12 (LintasMedan) – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mencanangkan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Keluarga Berencana (PKK-KB) dan Kesehatan Tahun 2019.

“Program KB memberikan perlindungan kesehatan reproduksi, perlindungan hak ibu dan anak serta menghindari kehamilan yang tidak diinginkan,” kata Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution saat pembukaan pencanangan kesatuan gerak PKK-K Kota Medan Tahun 2019 yang yang dipusatkan di gedung Dharma Wanita Kota Medan, Kamis (5/12).

Ia menekankan bahwa seluruh langkah, gerak, dan kerja yang dilakukan Pemko Medan harus bertujuan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluru pasangan usia subur untuk terus mengikuti program keluarga berencana guna mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Dikatakan Akhyar, dengan ber-KB setiap pasangan usia subur bisa memilih menunda, menjarangkan atau membatasi jumlah kelahiran.

Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan kemampuan produksi menyebabkan tingginya beban pembangunan yang berkaitan dengan penyediaan pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan pokok lainnya.

Menyikapi hal itu, lanjutnya, setiap orang punya tanggungjawab untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk melalui program keluarga berencana.

Ia juga berharap kepada segenap jajaran pengurus, anggota dan kader PKK dapat terus berperan mendukung program Pemko Medan dalam meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.

Sebelumnya, Plt Ketua TP PKK Medan Nurul Khairani Akhyar menyampaikan bahwa kegiatan kesatuan gerak PKK-KB dan Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan terpadu dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga yag diperingati setiap tahunnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, bertujuan meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program kependudukan dan keluarga berencana serta kesehatan sebagai upaya mendukung millenium development goals (MDGs). (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey