Home / Bisnis / PDAM Tirtanadi Optimalkan Layanan lewat Transformasi Digital

PDAM Tirtanadi Optimalkan Layanan lewat Transformasi Digital

Medan, 15/12 (LintasMedan) – Melakukan transformasi layanan ke arah digital telah menjadi komitmen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi untuk melakukan perubahan agar bisa memenuhi tuntutan masyarakat yang menghendaki proses pelayanan lebih mudah, cepat dan efisien.

Manajemen PDAM Tirtanadi secara bertahap telah melakukan transformasi dari layanan konvensional menjadi digital guna mengoptimalkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri, mengemukakan bahwa badan usaha milik daerah (BUMD) yang dipimpinnya itu menyadari perlunya untuk berevolusi seiring dengan perubahan yang terjadi ke arah digital.

Sasaran utama melakukan transformasi ke sistem pelayanan digitalisasi ini adalah untuk menjawab tantangan bisnis, yakni menghadapi era industri 4.0 dan era disruptif demi memenuhi harapan semua pemangku kepentingan.

Selanjutnya, kata dia, menjalankan operasional perusahaan secara lebih efisien, efektif berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

“Untuk menjawab tantangan bisnis, PDAM Tirtanadi mendefinisikan IT strategi dan garis besar arsitekturnya dengan menggunakan “IT Management Framework,” paparnya.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah didampingi Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri (kedua kiri), melepas balon ke udara pada puncak perayaan HUT ke-114 Tirtanadi, di Medan, Minggu (15/12). (Foto: LintasMedan/Irma)

Adapun tema pengembangan teknologi informasi PDAM Tirtanadi, yaitu Automate, Integrate, Realible, Impactful dan Secure yang disingkat dengan “AIR-IS”.

Pengertian Automate, yakni otomasi proses bisnis PDAM, menuju paperless dengan memanfaatkan teknologi terkini yang tepat guna.

Integrate dimaknai dengan integrasi seluruh solusi, baik informasi dan data maupun aplikasi dan infrastruktur pendukung.

Realible, bertujuan memastikan solusi IT realible dan handal untuk mendukung realisasi obyektif dan visi misi perusahaan.

Impactful, yakni memposisikan peran sistem teknologi informasi atau IT selalu berusaha untuk mengusulkan ide dan inisiatif yang berdampak besar bagi perusahaan.

Sedangkan pengertian Secure dalam tema pengembangan teknologi informasi PDAM Tirtanadi, yakni menerapkan standar keamanan kelas dunia yang mampu melindungi data dan informasi perusahaan serta pelanggan.

Penerapan sistem pelayanan berbasis digitalisasi tersebut akan diimplementasikan ke dalam peta jalan atau road map PDAM Tirtanadi tahun 2020-2024.

Khusus untuk road map (quick win) tahun 2020, PDAM Tirtanadi telah menyusun sembilan rencana jangka pendek.

Sembilan road map PDAM Tirtanadi 2020, terdiri dari pembangunan enterprise data management (untuk analisis business intelligence), serta pembangunan module finance dan accounting yang meliputi antara lain GL, AR, account payable dan budgeting.

Selain itu, manajemen sistem informasi, project monitoring tools, customer relationship management, dan IOT water distribution management.

Lebih efisien
Melalui penerapan transformasi digital dan road map 2020-2024, Trisno meyakini manajemen PDAM Tirtanadi akan beroperasi secara lebih efisien dan transparan.

Komitmen itu kembali ditegaskan Trisno saat menyampaikan kata sambutan pada puncak HUT ke-114 PDAM Tirtanadi di Medan, Minggu (15/12).

Pihaknya juga berjanji akan memperkuat komitmen BUMD yang dipimpinnya itu untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Bersama Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, kami saling bahu membahu untuk terus bekerja keras bagaimana meningkatkan layanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Karena itu, Trisno mengaku memberanikan diri merubah tagline PDAM Tirtanadi, yakni ‘Kami Adalah Public Service, Perusahaan Layanan Masyarakat yang Siap Melayani Masyarakat’. (Irma Yuni)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey