Home / Medan / Plt Walikota Ingatkan Kepling Ajak Warga Jaga Kebersihan

Plt Walikota Ingatkan Kepling Ajak Warga Jaga Kebersihan

Pelaksana tugas Walikota Medan Akhyar Nasution menyampaikan kata sambutan pada pembukaan kegiatan Pembinaan Mental, Disiplin, dan Etos Kerja Kepala Lingkungan (Kepling) se Kota Medan, di Asrama Haji Medan, Senin (2/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 2/12 (LintasMedan) – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution mengingatkan seluruh kepala lingkungan (Kepling) di kota itu agar senantiasa menjalin komunikasi yang efektif dengan warga untuk menyukseskan program kebersihan yang tengah digalakkan Pemko Medan.

“Setiap kepala lingkungan harus bisa mengajak warganya untuk mewadahi sampah agar tidak berserakan,” kata Akhyar dalam kata sambutannya pada pembukaan kegiatan Pembinaan Mental, Disiplin, dan Etos Kerja Kepala Lingkungan se Kota Medan, Senin (2/12).

Di hadapan 2001 kepling, 151 lurah, dan 21 camat, dan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah yang menghadiri pembukaan itu, Akhyar juga menegaskan bahwa Kepling harus dapat menjadi teladan dan menggerakkan masyarakat ikut menyukseskan program kebersihan di daerah itu.

Dikatakannya, Kota Medan harus dibangun dengan disiplin dan tertib.

“Untuk itu, kita dulu harus tertib dan disiplin agar dapat menjadi teladan bagi masyarakat,” ucapnya.

Setiap Kepling, lanjut dia, juga perlu terus berupaya meningkatkan kualitas diri dan hasil pekerjaan.

Diakuinya, banyak hal yang telah dikerjakan para kepling di bawah bimbingan lurah dan camat berjalan baik, termasuk upaya memperindah lingkungan dengan membuat gang-gang swafoto.

Bahkan, kata Akhyar, sudah pula terlihat kesadaran warga mewadahi sampah di depan rumah.

Namun demikian, menurut dia, masih ada juga yang belum peduli untuk mewadahi sampah di lingkungannya.

“Saya tidak meminta Kepling mengangkat sampah, tetapi para Kepling harus bisa dan kreatif menggerakkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampahnya,” tuturnya.

Jika masalah kebersihan dapat diwujudkan, kata Akhyar, tentunya pekerjaan yang lebih besar lagi dapat dituntaskan.

Karena itu, ia mengajak seluruh Kepling untuk menjadi kegiatan bersih-bersih ini sebagai titik awal percepatan pembangunan di Medan.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota meminta kepada para camat agar mengevaluasi perpanjangan masa kerja Kepling yang tidak bisa membuat lingkungannya bersih.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan, Musaddad Nasution melaporkan, peserta kegiatan ini merupakan seluruh Kepling di Kota Medan yang berjumlah 2001 orang.

Selanjutnya kepling dibagi dalam 4 angkatan, setiap angkatan berjumlah 500 kepling.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber, antara lain dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut, Universitas Sumatera Utara, Polrestabes Medan, Kodim 0201/BS dan profesional training. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey