Home / Bisnis / Regal Springs Komitmen Terapkan KJA Ramah Lingkungan di Danau Toba

Regal Springs Komitmen Terapkan KJA Ramah Lingkungan di Danau Toba

Usaha budidaya ikan nila dengan menggunakan media keramba jaring apung yang dikelola PT Regal Springs Indonesia di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: LintasMedan/Irma)

Parapat, 14/12 (LintasMedan) – PT Aquafarm Nusantara yang telah berganti nama menjadi PT Regal Springs Indonesia berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip bisnis ramah lingkungan secara berkelanjutan pada operasional dan pengembangan usaha budidaya ikan nila dengan menggunakan media keramba jaring apung (KJA) di perairan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

“Dalam rangka menjaga kelestarian air Danau Toba, kami mendaur ulang serpihan pakan dan kotoran berasal dari ikan tilapia atau ikan nila,” kata Presiden Direktur Regal Springs Indonesia, Juan Carlos, kepada pers di Parapat, Kabupaten Simalungun, Jumat (13/12).

Ia menjelaskan, seluruh kotoran berasal dari ikan tilapia di kerambah jaring apung di perairan Danau Toba ditampung dengan menggunakan terpal berada dibawa kerambah, kemudian diangkut ke darat menggunakan mesin penghisap.

Setelah itu kotoran disaring untuk memisahkan kandungan air dengan kotoran.

“Kotoran ikan tilapia kita daur ulang menjadi pupuk,” paparnya.

Program uji coba sistim daur ulang ini telah dilakukan dan hasilnya mampu meminimalisir volume kotoran ikan nila hingga sedikitnya mencapai 20 persen.

Juan menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan solusi-solusi dalam mengoptimalkan sistem daur ulang limbah ikan nila ini agar bisa mencapai kinerja sistem yang paling efisien di masa mendatang.

“Kita juga memiliki empat unit alat pemberi pakan ikan secara otomatis berteknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi pemberian pakan ikan dalam kerambah jaring apung,” tambahnya.

Diakuinya, budidaya ikan air tawar di KJA dengan didukung teknologi ramah lingkungan sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kelestarian Danau Toba, termasuk mendukung keberadaan danau tersebut yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai salah satu Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN).

Sementara itu, External Affairs Senior Manager PT Regal Springs Indonesia, Kasan Mulyono menambahkan, PT Regal Springs Indonesia sangat mendukung perkembangan parawisata di Danau Toba.

Bahkan, PT Legal Springs Indonesia mengapresiasi gagasan untuk menjadikan lokasi karamba budidaya ikan tilapia menjadi destinasi wisata perikanan. (LMC-02)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey