Home / Medan / Sekda Medan Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-71

Sekda Medan Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-71

Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dan Hari Bela Negara (HBN) ke 71 Tahun 2019, di halaman Balai Kota Medan, Selasa (17/12). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 17/12 (LintasMedan) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman, Selasa (17/12) memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dan Hari Bela Negara (HBN) ke 71 Tahun 2019.

Upacara HKN dan HBN yang berlangsung di halaman Balai Kota Medan tersebut diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945 dan ikrar bela negara.

Para peserta upacara terdiri dari sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan dan anggota bela negara Kota Medan yang telah dikukuhkan Pelaksana Tugas (PLT) Walikota Medan Akhyar Nasution.

Pada kesempatan itu, Sekda Medan mengajak jajaran Pemko setempat agar menjadikan HKN dan HBN menjadi momentum untuk mengajak, menumbuh kembangkan serta menanamkan rasa kesadaran dan kecintaan serta kepedulian elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

Dalam upacara yang diikuti sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Pemko Medan tersebut, Sekda Medan membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Negara dalam teks pidatonya menyebutkan bahwa HBN merupakan hari bersejarah bagi Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh pejuang kemerdekaan yakni Mr Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat.

Hari tersebut menjadi hari bersejarah yang kemudian diperingati setiap tahunnya sesuai Keputusan Presiden (Keppres) No 28 masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk itulah, seluruh komponen masyarakat memiliki fungsi dan peran strategis dalam mendukung dan menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI sebagai sebuah harga mati sekaligus pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia akan tetap dan terus eksis untuk selama-lamanya. (LMC-04)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey