Home / Headline / Infrastruktur Rusak Akibat Banjir Tapteng Segera Diperbaiki

Infrastruktur Rusak Akibat Banjir Tapteng Segera Diperbaiki

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau salah satu rumah penduduk yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (30/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan, 30/1 (LintasMedan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akan mengutamakan perbaikan rumah dan infrastruktur dalam penanganan dampak banjir bandang di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Untuk jangka pendek permasalahan yang harus diselesaikan lebih dulu adalah perbaikan rumah dan infrastruktur yang terdampak. Sementara untuk jangka panjang yang harus diselesaikan yakni sebab banjir bandang ini,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau lokasi banjir pada Kamis.

Gubernur yang didampingi Bupati Tapteng Bahtiar Sibarani, juga meminta pihak terkait agar bersinergi menyelesaikan masalah tersebut, sehingga masalah dapat cepat terselesaikan.

“Segera kita perbaiki, sehingga akses rakyat berjalan seperti biasa. Namun kita buat yang sementara, kemudian secara permanen akan kita lakukan,” katanya.

Ia juga meminta pihak terkait untuk bersinergi memperbaiki kerusakan infrastruktur agar akses penduduk di wilayah itu segera normal.

“Namun kita buat yang sementara, kemudian secara permanen akan kita lakukan,” ujarnya di sela meninjau jalan putus di Aek Muara Suhat.

Sebagaimana diketahui, banjir bandang yang melanda Kecamatan Barus pada Selasa (28/1) malam meninggalkan duka yang mendalam bagi warga sekitar.

Di Desa Kampung Mudik, misalnya, ada empat unit rumah yang berada tepat di bibir Sungai Sirahar ambruk.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik BPBD Sumut Mega Hadi mengatakan hingga saat ini jumlah korban meninggal akibat banjir bandang di Tapteng tercatat sebanyak delapan orang.

Musibah banjir tersebut juga mengakibatkan sekitar 500 orang terpaksa menginap sementara di beberapa posko pengungsian.

“Sudah ada yang pulang, karena tidak semua rumahnya rusak parah,” tambahnya. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey