Home / Medan / Plt Walikota Medan: Jadikan Bersih sebagai Budaya

Plt Walikota Medan: Jadikan Bersih sebagai Budaya

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution melakukan penanaman pohon di halaman SMP Negeri 39 Medan Jalan Yong Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Senin (20/1). (Foto: LintasMedan/ist)

Medan. 20/1 (LintasMedan) – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Akhyar Nasution mengajak para pelajar dan kalangan genersi muda lainnya di daerah itu untuk hidup bersih dan menjadikan kebersihan sebagai budaya hidup.

“Mari budayakan kebersihan lingkungan dan budaya bersih tersebut harus dimulai dari lingkungan sekolah,” katanya ketika menyampaikan sambutan pada upacara di SMP Negeri 39 Medan Jalan Yong Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Senin (20/1).

Menurut dia, menjadikan kebersihan sebagai budaya hidup di antaranya dapat dilakukan dengan mewadahi sampah dan membuang sampah pada tempatnya.

“Membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya kita adalah tanggung jawab kita. Jangan pernah berfikir ada petugas sampah sehingga kepedulian kita tidak ada,” kata Akhyar.

Selain itu, lanjutnya, budaya hidup bersih merupakan kebutuhan dalam keharmonisan hidup masyarakat dengan alam.

Karena itu, kata dia, masyarakat harus menyadari bahwa hidup bersih untuk kenyamanan hidup.

Di hadapan ratusan pelajar dan guru yang mengikuti upacara tersebut, Plt Walikota Medan mengungkapkan bahwa Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan telah menerapkan program Merdeka Belajar yang memberikan banyak pilihan bagi guru, peserta didik, maupun orang tua.

Program Merdeka Belajar ini meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota Medan menyerahkan secara simbolis tong sampah dan melakukan penanaman pohon di halaman SMP Negeri 39 Medan.

Upacara yang merupakan rangkaian Edukasi Sadar Lingkungan program Coca-Cola Amatil ini turut dihadiri Plt Kadis Pendidikan Masrul Badri, Kadis Lingkungan Hidup Syarif Armansyah Lubis, Kabag Agama Adlan, Kepala Sekolah SMP Negeri 39 Ester Simanjuntak, perwakilan PT Coca Cola Amatil Ahmad Nasoha dan Camat Medan Marelan M. Yunus. (LMC-03)

About Lintas Medan

Kelvin Benjamin Jersey